Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali penyebab dada terasa panas, berat dan sesak

Rasa nyeri serta sesak pada area dada sering kali dikaitkan dengan penyakit jantung atau jantung yang sedang berada dalam gangguan. Ya memang ini ialah benar adanya, rasa dada yang sakit dan berat memang erat kaitannya dengan organ jantung yang memang berada di area dada setiap manusia. 

Namun rasa sakit pada dada dan rasa berat pada dada tidak melulu diakibatkan oleh adanya masalah pada jantung saja. Ada berbagai faktor penyebab lainnya yang bisa membuat dada terasa sesak dan lebih berat dari biasanya. 

Nah untuk menambah informasi dan wawasan mu mengenai dada yang terasa berat, maka apk.sinausehat.com akan membahas mengenai penyebab dada terasa berat dan sesak.


Berikut adalah penyebab dada terasa berat dan sesak :

1. Asma

Dada yang terasa berat dan sesak bisa jadi diakibatkan oleh seseorang yang menderita penyakit asma dimana ketika seseorang menderita asma maka umumnya penderita akan mengalami sesak nafas dan batuk serta suara nafas yang akan berbunyi ngik ngik. 

Penyakit asma akan mengakibatkan saluran udara pada pernafasan si penderita mengalami pembengkakan atau penyempitan sehingga nafas akan terasa sangat berat begitupun sehingga menyebabkan dada terasa lebih sesak dan berat

2. Asam lambung yang naik

Kejadian asam lambung yang sedang meningkat atau dalam istilah medis lebih dikenal dengan nama gastroesophageal refluks ialah keadaan ketika asam lambung naik ke atas kerongkongan. 

Sehingga menyebabkan cairan lambung yang begitu asam naik ke area kerongkongan melewati area dada dan akan menimbulkan rasa atau sensasi yang panas dan terbakar di belakang tulang dada si penderita. Hal ini akan menyebabkan dada si penderita akan terasa berat dan sesak. 

3. Cacar ular

Pastinya sudah banyak dari kamu yang tahu mengenai penyakit cacar air, lalu bagaimana dengan penyakit cacar ular. Ya, cacar ular merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus yang sama dengan cacar air. 

Virus cacar air yang sering diderita oleh setiap orang ketika mereka kecil umumnya tidak mati seutuhnya melainkan bisa tertidur dan bersembunyi dalam tubuh seseorang sampai ketika orang tersebut dewasa atau bahkan berusia lanjut dan sedang memiliki sistem imun yang tidak normal dan menurun maka virus tersebut dapat bangun kembali dan menyebabkan cacar ular. 

Pada kasus cacar ular, umumnya gejalanya ialah rasa gatal dan panas serta perih pada area yang ditumbuhi oleh cacar tersebut. Bila area yang dipilih oleh si virus ialah area dada, maka rasa dan sensasi panas terbakar pun akan muncul pada area dada. 

Hal ini lah yang dapat mengakibatkan seseorang merasakan adanya rasa sesak dan berat pada area dada mereka. 

4. Serangan panik

Apakah kamu pernah merasakan dada yang tiba tiba terasa sangat berat saat kamu merasa panik? Bila iya, mungkin kamu sedang mengalami serangan panik dalam tubuhmu. 

Hal ini biasanya akan menyebabkan kamu menghirup banyak oksigen lalu melepaskan oksigen tersebut dengan sangat cepat dalam hitungan detik sehingga kadar karbon dioksida dalam tubuh akan menurun dengan sangat cepat pula dan mengakibatkan adanya penyempitan pembuluh darah sehingga supplay oksigen dalam darah ke arah otak dan paru paru mengalami hambatan dan menyebabkan dada terasa sakit dan berat. 

Nah, tadi adalah pembahasan mengenai penyebab dada terasa berat dan sesak oleh apk.sinausehat.com.

Post a Comment for "Kenali penyebab dada terasa panas, berat dan sesak"