Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips merawat kuku kuning

       


         Tentu menyenangkan bisa tampil dengan kuku alami. Tetapi kita semua tahu, tidak semua kuku alami terlihat cantik berkilau. Sebaliknya, bisa jadi kuku malah terlihat agak kuning.

          Penyebab kuku kuning ada bermacam-macam. Penyebab kuku kuning yang paling umum adalah karena sering gonta-ganti cat kuku atau mengenakan cat kuku terlalu lama, terutama warna gelap. Penyebab kuku kuning yang juga sering terjadi adalah karena seseorang merokok, tar dan nikotin dalam rokok dapat mengubah warna kuku. Bisa juga disebabkan oleh infeksi jamur atau masalah kesehatan lain seperti infeksi pada hati, jantung, dan paru-paru.

        Ada pula Yellow Nail Syndrome, yaitu kondisi medis yang sangat langka, penyakit parah yang perlu perawatan dari profesional. Separah kedengarannya, Yellow Nail Syndrome agaknya tidak mungkin jadi penyebab kuku kuning yang kamu alami. Jadi, beberapa perawatan rumahan ini bisa kamu coba. 

Berikut tips merawat kuku kuning :

1. AIR LEMON

        Cara atasi kuku kuning dengan menggunakan air lemon, potong lemon segar menjadi dua dan peras airnya ke dalam mangkuk. Lalu, rendam ujung jari alias kuku dalam perasan air lemon selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, bilas tangan dengan baik dan oleskan pelembab. Ulangi proses ini setiap hari sampai kamu puas dengan hasilnya.

2. Baking soda

        Marie Claire menyebut metode ini sebagai solusi untuk menguningnya kuku yang lebih gelap. Bahan yang dibutuhkan yaitu satu sendok teh 3% hydrogen peroxide, dua setengah sendok makan baking soda, mangkuk, dan kapas. Caranya, campur hydrogen peroxide dan baking soda dalam mangkuk. Lalu, oleskan campurannya ke kuku dengan kapas dan biarkan selama tiga menit. Setelah itu, bilas dengan bersih dan oleskan pelembab. Ulangi setiap enam hingga delapan minggu untuk mendapatkan kembali warna alami kuku.

3. pasta gigi

         Tak hanya membuat gigi bersih, pasta gigi pemutih juga bisa membantu memutihkan kuku. Caranya, ambil pasta gigi pemutih dengan sikat kuku atau sikat gigi bersih. Kemudian, gosok kuku dengan lembut sampai terlihat perubahan warna. Selanjutnya bilas tangan dengan bersih dan oleskan pelembab.

4. Cuka Apel 

          Satu lagi cara atasi kuku kuning yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Cara ini membutuhkan setengah gelas air hangat, setengah cangkir cuka apel, dan mangkuk. Caranya, tuangkan air dan cuka apel ke dalam mangkuk. Lalu, rendam kuku ke dalamnya selama 20 menit. Setelah itu, bilas tangan sampai bersih. Ulangi proses ini tiga kali sehari selama tiga hingga empat minggu. Ini akan membantu dalam mengobati infeksi jamur dan menghilangkan kekuningan.

   Demikian penjelasan www.sinausehat.com semoga bermanfaat ya sobat!

Post a Comment for "Tips merawat kuku kuning"