Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali Asuransi kesehatan sejak dini

Sinausehat.com_Siapa pun pasti tak ada yang berharap menderita sakit. Namun, kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi agar tak mengalami sakit adalah menerapkan pola hidup sehat dan menyediakan "payung" jika risiko itu (sakit) terjadi pada kita. Antisipasi biaya pengobatan, misalnya, salah satunya bisa dilakukan dengan membeli produk asuransi kesehatan. Dengan adanya asuransi kesehatan, minimal kita sudah ada "pegangan" jika suatu saat sakit, harus menjalani pengobatan dan perawatan.


Apa saja yang harus diketahui tentang asuransi kesehatan? Jika sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, perlukah membeli asuransi kesehatan lainnya? nah disini kami www.sinausehat.com akan membahas tentang seputar asuransi kesehatan.

Kenali sebelum membeli. Anda harus tahu apa itu asuransi kesehatan dan kenapa penting memilikinya!

Apa itu asuransi kesehatan?

Secara definisi, mengutip Investopedia (2019), asuransi kesehatan adalah jenis pertanggungan asuransi yang membayar biaya medis, bedah, ataupun terkait biaya perawatan kesehatan seperti yang disebutkan dalam polis asuransi. Perusahaan asuransi yang menerbitkan polis asuransi kesehatan dapat mengganti biaya tertanggung untuk biaya yang timbul karena sakit atau cedera, atau membayar biaya perawatan secara langsung.

Perusahaan-perusahaan biasanya menyediakan paket asuransi untuk karyawannya sebagai bentuk jaminan perlindungan. Pembayaran premi beragam, ada yang dibayar perusahaan, ada pula yang dipotong dari pemberi kerja tetapi seringkali juga dikurangkan dari gaji karyawan. Biaya premi asuransi kesehatan dapat dikurangkan kepada pembayar, dan manfaat yang diterima bebas pajak

Siapa yang harus punya asuransi kesehatan?

Pada dasarnya, setiap orang harus membeli asuransi kesehatan. Alasannya, biaya medis terlalu tinggi. Jangan sampai tagihan berobat di rumah sakit membuat Anda mendapatkan masalah keuangan, apalagi hingga menyebabkan bangkrut atau harus menjual investasi  atau properti yang Anda miliki.

Mengapa kita butuh asuransi kesehatan?

Anda mungkin berpikiran bahwa premi asuransi terlalu mahal. Anda mungkin berpikir tidak akan pernah menggunakannya. Tetapi, tidak bisa berkata "tidak", Anda harus memiliki asuransi. Percayakah Anda jika ada yang menyebut bahwa salah satu yang bisa membuat orang terpuruk bahkan mengalami kebangkrutan adalah saat ia harus menguras habis tabungan atau asetnya untuk biaya pengobatan? Faktanya demikian.

Jaminan atau manfaat perlindungan yang Anda dapatkan lebih besar daripada premi yang Anda bayarkan jika terjadi risiko. Seperti disampaikan di atas, salah satu alasan perlunya memiliki asuransi kesehatan adalah biaya pengobatan yang tinggi. Saat ini Anda segar bugar, tetapi tak ada yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi pada Anda sekian tahun ke depan. Dengan ancaman kesehatan yang semakin beragam, memiliki jaminan perlindungan adalah salah satu jalan untuk meringankan beban saat risiko itu terjadi. Paling tidak, Anda tak membebani keluarga untuk memikirkan biaya pengobatan dan perawatan jika Anda sakit.


Apa saja jenis asuransi kesehatan?

Mengutip Hello Sehat, ada beberapa jenis asuransi kesehatan yang didasarkan pada parameter yang berbeda. Lebih lengkapnya sebagai berikut:

1. Berdasarkan kepemilikan badan penyelenggara

Pemerintah, yaitu asuransi kesehatan yang dikelola oleh pemerintah, seperti BPJS Kesehatan atau Kartu Indonesia Sehat.

Swasta, yaitu asuransi kesehatan yang dikelola oleh suatu badan swasta.

2. Berdasarkan jenis perawatan

Rawat inap (inpatient treatment), membiayai perawatan untuk pasien harus rawat inap atau opname di rumah sakit.

Rawat jalan (outpatient treatment), biaya perawatan yang dicakup adalah diagnosis medis, pengecekan lab, dan lain-lain, yang tak mengharuskan tertanggung opname di rumah sakit.

3. Yang ditanggung

Personal, artinya, yang ditanggung atau mendapatkan perlindungan adalah individu atau satu orang. Hal ini sesuai dengan ketentuan polis. 

Kelompok, artinya memberikan perlindungan kesehatan terhadap kelompok tertentu. Contohnya, anggota keluarga atau perusahaan.

Nah, tadi adalah penjelasan mengenai beberapa asuransi kesehatan.

Post a Comment for "Kenali Asuransi kesehatan sejak dini"