Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara mengehentikan bersin - bersin secara terus menerus

Sinausehat.com_Bersin adalah hal wajar karena itu merupakan salah satu bentuk pertahanan tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam hidung. Meski begitu, jika terjadi terus-menerus, itu juga bisa menjadi tanda ada yang tidak beres dengan kondisi kesehatan tubuh Anda.

        “Jika anda sedang tidak flu atau pilek, tapi bersin terus-menerus, maka tubuh Anda, termasuk hidung, sedang bereaksi terhadap lingkungan sekitar. Misalnya, Anda memiliki alergi debu, maka mungkin saja ruangan yang sedang Anda tempati saat itu sedang banyak debunya,” jelas dr. Arina.

Penyebab bersin terus-menerus selain debu adalah :


      Selain alergi terhadap debu, ada beberapa penyebab lain yang bisa membuat Anda bersin terus-menerus, yaitu:

1. Alergi terhadap suhu dingin

       Ketika Anda bernapas di udara dingin, saraf trigeminal akan mendapatkan sinyal dari lapisan sensitif saluran hidung. Untuk sebagian orang, bahkan embusan angin dingin saja sudah bisa membuatnya jadi bersin.

2. Terlalu sering minum minuman bersoda

      Karbon dioksida di dalam minuman bersoda bisa memicu reseptor asam lidah yang dirancang untuk merasakan bahan kimia berbahaya. Apabila reseptor mengirim sinyal kuat ke otak, maka otak dapat menafsirkannya sebagai rasa sakit dan memicu serangkaian respons defensif, seperti merobek, batuk, dan bersin.

3. Terlalu sering menghirup asap rokok

       “Meski Anda tidak merokok, tapi berada di lingkungan perokok bisa membuat Anda jadi lebih sering bersin dari biasanya. Sebab, asap rokok mengandung banyak bahan kimia yang dapat membuat selaput hidung jadi teriritasi. Selain bersin, Anda juga lebih mungkin untuk batuk dan susah bernapas,” jelas dr. Arina.

4. Mencium bau rempah masakan

       Aroma yang terlalu menyengat dari rempah-rempah masakan juga bisa memicu terjadinya bersin-bersin yang berlebih.

       “Anda mungkin pernah atau bahkan sering bersin ketika mencium aroma masakan pedas yang baru saja diolah. Ini adalah hal yang wajar karena hidung Anda mungkin merasa asing dengan bau tersebut. Jika hal ini terasa mengganggu, segera jauhi dapur agar bersin tidak terus terjadi,” kata dr. Arina.

5.  Rhinitis

       Jika sering bersin di pagi hari, bisa jadi itu tanda Anda terkena rhinitis. Rhinitis sendiri adalah peradangan membran hidung yang muncul sebagai reaksi berlebih sistem kekebalan tubuh terhadap alergen (pemicu alergi). Alergen tersebut antara lain debu, tungau, lumut, atau serpihan sel kulit mati binatang.

        Gejala yang muncul umumnya berupa hidung tersumbat, bersin, mata merah dan berair, serta bengkak di sekitar mata. Jika bersin Anda diikuti dengan gejala ini, maka segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.


Tips atasi bersin yang mengganggu

         Jika Anda merasa bersin yang Alami alami sudah terlalu sering dan mengganggu, sebaiknya segera periksakan kondisi ini ke dokter. Biasanya, dokter akan mendiagnosis terlebih dahulu faktor apa yang menjadi penyebab hidung Anda sering bersin.

       Selain itu, Anda juga wajib menjaga kebersihan rumah dari debu yang membandel. Tidak hanya terhindar dari bersin terus-menerus, tapi lingkungan rumah Anda juga akan terlihat lebih bersih, sehingga lebih nyaman untuk ditinggali.

       Sementara itu jika aktivitas sehari-hari Anda banyak dilakukan di luar ruangan di kota besar seperti Jakarta, selalu gunakan masker. Sebab, paparan asap dan debu tidak hanya menyebabkan sesak napas dan kulit kering, tapi juga bisa membuat Anda jadi lebih sering bersin dari biasanya.

       Nah, itulah beberapa alasan yang bisa www.sinausehat.com berikan untuk kalian yang bisa menjadi jawaban atas pertanyaan mengapa Anda bersin terus-menerus. Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih tepat, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter, sehingga Anda pun bisa mendapat pengobatan yang sesuai dengan penyebab kondisi yang sedang Anda alami.

Post a Comment for "cara mengehentikan bersin - bersin secara terus menerus"