Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanda - tanda penyakit stroke yang jarang di ketahui dan cukup bahaya

 

      Stroke terjadi ketika berlangsung gangguan pada pembuluh darah di otak. Penyakit ini bisa ditandai dengan pecahnya pembuluh darah di otak, atau terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah otak.

      Pecahnya pembuluh darah atau terjadinya sumbatan pada pembuluh darah tersebut akan menghalangi aliran darah dan oksigen yang menuju ke otak. Tanpa oksigen, sel-sel otak dan jaringan menjadi rusak dan mulai mati dalam beberapa menit, hingga menyebabkan stroke.


Kenali gejala stroke

       Gejala stroke biasanya muncul di bagian tubuh yang dikendalikan oleh area otak yang rusak. Gejala ini dapat meliputi:

1. Kelumpuhan

      Mati rasa atau rasa lemas di tubuh bagian lengan, wajah, dan kaki, terutama di satu sisi tubuh


2. Kesulitan berbicara atau memahami pembicaraan


3. Masalah penglihatan, seperti kesulitan melihat pada satu atau kedua mata dengan penglihatan yang menghitam atau kabur, atau penglihatan ganda yang menyebabkan objek terlihat berbayang


4. Kesulitan berjalan


5. Kehilangan keseimbangan atau koordinasi


6. Sakit kepala yang parah dan muncul secara tiba-tiba dengan penyebab yang tidak diketahui


      Stroke membutuhkan penanganan sesegera mungkin. Perawatan yang tepat adalah kunci untuk mencegah keadaan memburuk seperti kerusakan otak permanen, kecacatan jangka panjang, hingga kematian. Untuk itu diperlukan tindakan yang cepat saat diketahui timbulnya tanda-tanda stroke.


Penyebab stroke adalah

      Penyebab stroke tergantung pada jenis stroke yang muncul. Tiga jenis utama stroke adalah serangan iskemik transien (TIA), stroke iskemik, dan stroke hemoragik.


1. Pada serangan iskemik transien (TIA)

     TIA disebabkan oleh penyumbatan sementara di arteri yang mengarah ke otak. Sumbatan biasanya berupa gumpalan darah yang dapat menghentikan aliran darah ke bagian tertentu dari otak. Kondisi ini biasanya berlangsung selama beberapa menit hingga beberapa jam, kemudian penyumbatan menghilang dan aliran darah dapat pulih.


2. Pada stroke iskemik

      Seperti TIA, stroke iskemik disebabkan oleh penyumbatan di arteri yang mengarah ke otak. Sumbatan ini bisa berupa pembekuan darah, atau mungkin disebabkan oleh aterosklerosis.

      Pada kondisi ini, plak (zat lemak) terbentuk di dinding pembuluh darah. Plak dapat pecah dan menempel di arteri, menghalangi aliran darah dan menyebabkan stroke iskemik.


3. Pada stroke hemoragik

      Stroke hemoragik disebabkan oleh pembuluh darah yang pecah atau bocor. Darah merembes ke dalam atau di sekitar jaringan otak, menyebabkan tekanan dan merusak sel-sel otak.

      Ada dua kemungkinan penyebab stroke hemoragik, yakni tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan pembuluh darah pecah, atau bisa juga disebabkan suatu kondisi yang disebut malformasi arteriovenosa, yaitu koneksi abnormal antara pembuluh darah dan arteri yang dapat menyebabkan pendarahan di otak.

     Dengan mengenali tanda atau gejala stroke di atas, Anda dapat mengatasi gejala-gejala yang muncul lebih dini. Jika Anda menyadari ada gangguan yang menyerupai salah satu atau beberapa gejala tersebut, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

       Nah, tadi adalah penjelasan mengenai tanda - tanda penyakit stroke 

Post a Comment for "Tanda - tanda penyakit stroke yang jarang di ketahui dan cukup bahaya"