Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Gejala, dan cara mengatasi gejala rematik

 


     Sendi merupakan hubungan antar tulang yang membentuk sistem gerak pada manusia dan hewan.


     Hubungan dua tulang tersebut dinamakan persendian atau artikulasi. Persendian berperan penting sebagai proses gerak yang dilakukan manusia.


    Persendian juga berfungsi mempertahankan kelenturan tubuh, sehingga seseorang tanpa persendian tidak dapat melakukan gerakan.


       Selain itu, proses gerakan persendian juga melayani minyak sendi, dan minyak sendi habis maka dapat menyebabkan rematik atau radang sendi.


     Rematik atau peradangan sendi yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh menyerang jaringannya sendiri. 


     Gejala paling umum yang dirasakan saat mengalami rematik yaitu nyeri sendi, kaku hingga bengkak. Entahlah patuh tidak segara diatasi maka dapat menimbulkan gangguan pada kulit, paru-paru hingga jantung.


     Lantas, apa saja gejala rematik dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya berikut ini.


PENYEBAB REMATIK


     Rematik merupakan penyakit yang menimbulkan rasa sakit akibat otot mengalami peradangan. Penyakit ini membuat sistem kekebalan tubuh menyerang membran pelindung diri, sehingga dapat mengakibatkan rasa nyeri, bengkak, serta kaku pada bagian sendi.


Adapun beberapa penyebab rematik adalah sebagai berikut:


1. Penyebab rematik salah satunya ialah karena mengalami luka berat. Seseorang yang mengalami luka berat maka dapat meningkatkan risiko rematik.


2. Kelebihan berat badan atau obesitas


3. Merokok


4. Terinfeksi virus atau bakteri


5. Gangguan hormon


GEJALA REMATIK


     Beberapa gejala penyakit rematik di antaranya nyeri sendi, kehilangan gerak pada sendi dan peradangan. Termasuk seperti bengkak, kemerahan, serta hangat pada sendi.


     Dokter akan memeriksa untuk mendiagnosis kondisi kamu, kemudian mengawasi rencana perawatan yang kemungkinan mencakup obat, olahraga teratur, diet sehat, manajemen stres, dan istirahat.


CARA MENGATASI GEJALA REMATIK


     Mengatasi gejala rematik merupakan hal utama yang dicari para penderita rematik. Nyeri sendi yang hilang timbul mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut beberapa cara mengatasi gejala rematik.


      Biasanya, dokter akan meresepkan Anda obat pereda rasa sakit untuk mengurangi gejala rematik yang mengganggu. Selain itu, ada beberapa cara mengatasi gejala rematik.


1. Berhenti merokok!


     Merokok membuat Anda berisiko mengalami masalah kesehatan yang serius ke depannya terutama dalam penyakit rematik. Merokok menyebabkan peradangan yang dapat memperburuk gejala rematik terutama nyeri sendi.


2. Sadari penggunaan sendi Anda


      Menyadari penggunaan sendi di setiap aktivitas membuat Anda dapat mengurangi tekanan pada sendi yang mengalami gejala rematik.Kegiatan mengangkat barang dan menggerakkan daun pintu melibatkan dan memberi tekanan pada sendi Anda. Pertimbangkan penggunaan sendi Anda dengan baik.


3. Panas dan dingin


      Memberi kompres dingin dengan es batu pada sendi yang meradang dapat mengurangi bengkak. Sensasi dingin juga dapat membantu sedikit mengurangi rasa nyeri.


      Namun, jika Anda mengalami gejala rematik seperti nyeri dan tegang, mandi atau berendam di air hangat membantu meredakan hal tersebut. Selain mandi atau berendam, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan handuk yang telah direndam di air hangat.


4. Istirahat dan relaksasi


     Penting bagi Anda memiliki jumlah jam tidur yang cukup. Usahakan tidur delapan jam setiap malam. Namun, jika malam tidak cukup memenuhi kebutuhan tidur Anda, istirahat saat siang hari dapat membantu.


5. Jahe


     Jahe sering kali digunakan sebagai salah satu alternatif saat ada keluhan mual atau tidak enak pada perut. Jahe mengandung zat yang memiliki efek anti radang. Mengonsumsi jahe dipercaya dapat mengurangi peradangan seperti gejala rematik.


6. Gunakan pereda nyeri


    Produk krim, gel, dan losion dapat dipakaikan langsung pada kulit untuk mengurangi gejala rematik atau radang sendi. Bahan aktif yang terkandung akan diserap kulit sehingga membuat nyeri berkurang sesaat.


7. Olahraga


      Olahraga teratur merupakan cara yang baik melatih otot dan memperluas gerakan sendi. Pemanasan, berjalan, berenang, dan aerobik dalam air merupakan beberapa contoh olahraga yang tidak terlalu memberatkan sendi


     Meskipun gejala rematik dapat timbul dan hilang terus-menerus, Anda tidak perlu stres dalam menghadapinya.


    Nah, tadi adalah penjelasan mengenai pengertian, gejala, dan cara mengatasi gejala rematik, selamat mencoba!

Post a Comment for "Pengertian, Gejala, dan cara mengatasi gejala rematik"