Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat bersepeda untuk kesehatan tubuh

 


     Tahukah kamu bahwa bersepeda memiliki banyak manfaat dan bisa membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit serius.


      Contohnya seperti obesitas, penyakit jantung, kanker, diabetes, hingga penyakit jiwa. Nah, makanya hari ini akan memberikan informasi mengenai manfaat bersepeda yang jarang disadari banyak orang.


      Bersepeda merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan dengan menaiki sepeda demi mendapatkan sederet manfaat luar biasa untuk tubuh. Kegiatan bersepeda ini sangat digemari di luar negeri. Sayangnya, Indonesia belum segemar itu bersepeda. Namun sejak pandemi Covid-19, fenomena bergowes ria mendadak ramai di lingkungan kita. Apakah kamu sadar akan hal itu?


      kegiatan bersepeda juga mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas dibanding dengan mengendarai kendaraan bermotor.


      Menurut statistik Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia, sepeda motor masih menempati urutan tertinggi jenis kendaraan yang kerap mengalami kecelakaan hingga Februari 2020 ini.


     Jika kamu sudah tidak sabar dengan apa saja manfaat bersepeda yang jarang disadari banyak orang tersebut, maka simak penjelasan selengkapnya di bawah ini :



1. menstabilkan diabetes


     Diabetes adalah sebuah penyakit yang berbahaya dan mematikan. Tidak hanya orang yang sudah dewasa yang berisiko menderita diabetes. Tapi anak muda zaman sekarang juga sangat mungkin terserang risiko diabetes.


     Apalagi, jika mereka tidak menerapkan sebuah pola hidup yang sehat. Maka, salah satu manfaat bersepeda yang jarang diketahui adalah kegiatan ini mampu untuk menstabilkan diabetes.


      Cobalah untuk bersepeda sedikitnya selama 30 menit setiap harinya. Namun tidak lupa dibarengi juga dengan gaya dan pola hidup yang sehat, ya.


2. mencegah resiko darah tinggi


     Manfaat bersepeda yang jarang disadari berikutnya adalah mencegah risiko akan darah tinggi.


      Ya, bersepeda merupakan sebuah aktivitas sehat yang sangat baik dalam mencegah risiko darah tinggi. Selain itu, bersepeda juga memiliki manfaat bisa mengontrol detak jantung, melunturkan lemak dalam tubuh dan memperkuat otot tubuh terutama kaki. Manfaatnya bisa kamu rasakan sendiri.


3. mencegah resiko jantung


     Selain sangat baik dalam mencegah risiko tekanan darah tinggi, manfaat bersepeda yang jarang diketahui berikutnya adalah untuk membantu mencegah risiko jantung. Dengan bersepeda sedikitnya selama 20 menit setiap hari, maka akan membantu mengontrol detak jantung, mencegah risiko mudah lelah, dan mencegah obesitas. Luar biasa juga bukan manfaatnya.



4. meredam stress


      Manfaat bersepeda yang jarang disadari berikutnya adalah meredam stres. Tubuh manusia akan mengeluarkan hormon yang disebut endorfin. Hormon ini memicu rasa nyaman dan suasana hati yang positif. Selain itu, endorfin juga bisa mengurangi rasa sakit. Makanya saat kamu bersepeda, maka secara alami tubuh kamu akan mengeluarkan hormon endorfin ini.


     Dengan timbulnya rasa nyaman dalam tubuh maka otomatis akan membuat pikiran kamu jadi lebih tenang. Ketenangan pikiran ini ditambah dengan pemandangan baru yang kamu dapatkan saat bersepeda. Kondisi ini membuat penurunan tingkat stres dalam tubuh akan semakin terasa baik setiap harinya.


5. meningkatkan kekuatan otak


      Aktivitas olahraga telah berulang kali dikaitkan dengan kesehatan otak dan pengurangan perubahan kognitif yang dapat membuat manusia rentan akan demensia di kemudian hari. Sebuah studi pada 2013 telah menemukan bahwa selama latihan, aliran darah pengendara sepeda di otak meningkat 28 persen, dan hingga 70 persen di area tertentu.


     Bukan hanya itu saja. Manfaat bersepeda yang jarang disadari ini membuat di beberapa area aliran darah tetap naik hingga 40 persen bahkan setelah olahraga. 



      Penelitian menyimpulkan bahwa manusia harus bersepeda selama lebih kurang 45-60 menit, empat kali seminggu untuk merawat kesehatan dan kekuatan otak mereka.


6. mengatasi insomia


      Untuk kamu yang mengalami insomnia, ,maka manfaat bersepeda yang jarang disadari ini adalah dapat membantu kamu mengatasi gangguan tidur lho. Cobalah dengan bersepeda selama 20-30 menit setiap 2 hari sekali. Dengan begitu waktu tidur kamu akan datang lebih cepat dan teratur.


     Sementara, manfaat sepeda di pagi hari ketika matahari yang belum terlalu terik dapat membantu jam biologis kembali normal, serta menyingkirkan hormon kortisol yang dapat menyebabkan insomnia. Jadi jika kamu ingin insomnia kamu berangsur membaik, rajinlah bersepeda.


7. menurunkan resiko kanker


      Sebuah studi pernah mengungkapkan bahwa manfaat bersepeda yang bisa dirasakan adalah berkurangnya risiko kanker. Studi itu menunjukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua, berisiko jauh lebih rendah untuk terkena kanker paru dan kanker kolorektal. Studi lain juga menunjukkan bahwa manfaat bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus dan payudara.


       Nah, tadi di atas adalah beberapa penjelasan mengenai kegunaan bersepeda untuk kesehatan tubuh, selamat mencoba sobat !

Post a Comment for "Manfaat bersepeda untuk kesehatan tubuh"