Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri - ciri orang yang menderita penyakit ginjal

        


         Ciri - ciri penyakit ginjal bisa dilihat dari beberapa hal, mulai dari perbedaan warna urine hingga membengkaknya beberapa bagian tubuh. Penyakit ginjal merupakan suatu gangguan fungsi pada organ ginjal yang terbagi menjadi dua, yakni akut dan kronis.


      Penyakit ginjal sendiri bisa dipicu oleh berbagai masalah kesehatan lain seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Orang yang memiliki masalah kesehatan tersebut, cenderung lebih rentan terkena ginjal.


      Ginjal merupakan organ tubuh yang cukup penting dalam membersihkan darah dari racun dan zat sisa lainnya. Ketika ginjal rusak, limbah dan cairan dalam tubuh akan menumpuk dan menimbulkan beberapa masalah. Untuk itu, perlu bagi kita mengetahui ciri-ciri penyakit ginjal agar bisa segera ditangani.


     Berikut adalah ciri - ciri orang yang menderita penyakit ginjal :


1. Gatal berlebih


    Gejala penyakit ginjal menyebabkan terjadinya penumpukan kotoran atau sisa metabolisme dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan merasa gatal yang berlebihan. Gatal yang terus menerus terjadi dapat mengakibatkan luka atau pendarahan karena sering digaruk. Biasanya rasa gatal ini disertai dengan pembengkakan di bagian tubuh penderita seperti tangan, pergelangan kaki, pergelangan tangan, dan bagian tubuh lainnya.


2. Sesak napas


     Gejala sakit ginjal atau fungsi ginjal yang tidak berfungsi dengan baik mengakibatkan cairan berlebihan menutup paru-paru sehingga penderita merasa sesak napas. Selain itu, kurangnya pasokan oksigen pembawa sel-sel darah merah menyebabkan tubuh kekurangan oksigen dan kehabisan napas.


3. Tubuh terasa dingin


     Anemia sangat berhubungan dengan gejala sakit ginjal. Anemia juga bisa menyebabkan tubuh merasa dingin sepanjang waktu. Dalam beberapa kasus, penderita akan merasa sangat dingin dan menggigil saat tengah malam.


4. Kepala pusing dan sulit berkonsentrasi


     Salah satu gejala penyakit ginjal adalah anemia. Saat anemia, maka otak tidak memperoleh asupan oksigen yang memadai. Kondisi ini menyebabkan kepala pusing dan kesulitan berkonsentrasi. Pusing yang parah akan mengakibatkan tubuh kehilangan keseimbangan saat akan berjalan.


5. Sakit di sekitar daerah pinggang


     Gejala sakit ginjal yang bisa dirasakan adalah sakit di area pinggang. Beberapa orang yang bermasalah dengan ginjal biasanya mengalami tanda sakit ginjal pada bagian pinggang.


      Kondisi gejala ginjal sakit ini berkaitan dengan tanda penyakit batu ginjal. Meski terkadang penyakit batu ginjal tidak menunjukkan gejala, namun bisa saja terasa sakit bila batu ginjal terjebak dalam ureter. Rasa nyeri pada awalnya hanya sesekali saja, setelah itu rasa sakit tersebut akan berlanjut lebih lama dan sering.


6. Gangguan hormon


        Gejala ginjal tidak sehat juga dapat terlihat dari produksi hormon yang diproduksi ginjal berlebihan. Dampak peningkatan hormon ini bisa meningkatan tekanan darah. Sebaliknya, hormon lainnya jadi berkurang produksinya. Hal ini mengakibatkan tubuh menjadi lelah, kekurangan darah, dan tulang rapuh.


      Sementara itu, gejala sakit ginjal yang bisa dikenali pada anak adalah mereka akan mudah mengantuk, menurunnya nafsu makan, kelelahan meningkat hingga pertumbuhan yang lambat.


7. Napas tidak sedap


      Gejala ginjal bermasalah lainnya juga dapat terlihat dari rasa tidak enak di mulut atau lidah. Terkadang, karena tubuh Anda sudah banyak dipenuhi racun, hal itu membuat Anda dapat merasakannya secara langsung.


     Orang dengan ginjal yang tidak bekerja secara optimal, akan merasakan rasa besi pada mulutnya. Hal ini juga memicu ke napas yang bau tidak sedap (halitosis) dan menurunnya nafsu makan.


8. Tubuh terasa lemas


      Ginjal orang sehat akan memproduksi EPO (erythropoietin). EPO dapat meningkatkan sel darah merah dalam darah. Sel darah merah ini akan membawa oksigen ke bagian-bagian tubuh Anda.


     Kurangnya EPO pada ginjal yang bermasalah membuat kadar oksigen berkurang sehingga dapat menyebabkan lemas. Lemas yang sudah kronis juga merupakan gejala dari anemia. Penting untuk Anda segera membicarakannya dengan dokter apabila badan atau otot sering lemas tanpa sebab yang jelas.


9. Mual dan muntah


      Racun yang berkumpul di dalam darah dapat menyebabkan terganggunya pusat rasa di tubuh sehingga terjadilah mual dan muntah. Mual dan muntah juga merupakan pertanda terjadinya infeksi saluran kencing, sehingga ada baiknya Anda segera menemui dokter. Terutama jika Anda juga merasakan adanya nyeri pada perut dan punggung belakang.


10. Kulit memerah


      Saat tubuh Anda dipenuhi oleh racun, berbagai macam proses pada tubuh akan terjadi untuk mengeluarkan racun. Salah satu caranya adalah melalui pori-pori kulit. Hal ini muncul berupa kemerahan, kering pada kulit dan gatal. Krim kulit dan salep memang dapat membantu mengurangi gejala yang timbul pada kulit, tetapi hal ini tidak menyembuhkan masalah gejala ginjal Anda.


11. Perubahan pada urine


      Kondisi urine yang berubah dari biasanya merupakan gejala ginjal bermasalah yang utama. Segera ke dokter jika perubahan itu seperti:


  1.  Warna urine jauh lebih gelap dari biasanya, diikuti dengan frekuensi buang air kecil yang jarang
  2. Perubahan tekanan aliran saat buang air kecil.
  3. Kencing berdarah (urine bercampur darah dapat terjadi pada penderita batu ginjal, penyakit ginjal polikistik, dan infeksi ginjal).
  4. Meningkatnya keinginan buang air kecil terutama saat Anda tidur.


12. Pembengkakan pada mata kaki, tungkai, atau tangan


      Karena ginjal mempunyai fungsi untuk menyaring cairan dalam tubuh, maka cairan-cairan yang tidak tersaring ini akan membuat tubuh Anda membengkak. Ketika protein lolos dari penyaringan ginjal dan terbuang melalui urine, cairan dalam tubuh menjadi menumpuk dan mengakibatkan pembengkakan. Pembengkakan ini terutama terjadi pada tangan dan kaki Anda.


13. Punggung bawah terasa nyeri


     Gejala ginjal bermasalah dapat menimbulkan nyeri pada punggung belakang. Nyeri ini adalah akibat dari adanya batu ginjal maupun infeksi saluran kencing.


14. Penurunan berat badan atau malah meningkat akibat penumpukan cairan.


15. Tekanan darah tinggi yang sulit dikendalikan.


         Nah, di atas adalah penjelasan mengenai ciri - ciri orang yang menderita penyakit ginjal.

Post a Comment for "Ciri - ciri orang yang menderita penyakit ginjal"