Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengobati penyakit tekanan darah tinggi dengan bahan alami


      Tekanan darah tinggi atau hipertensi sering disebut sebagai "silent killer". Tekanan darah tinggi seringkali tidak memiliki gejala, tetapi merupakan risiko utama untuk penyakit jantung dan stroke.


       Jika Anda telah didiagnosis menderita tekanan darah tinggi, Anda mungkin khawatir jika harus terus menerus mengonsumsi obat.


     Untuk itu, Anda bisa beralih ke cara menurunkan darah tinggi yang lain dan lebih aman. Gaya hidup memainkan peran penting dalam mengobati tekanan darah tinggi Anda.


       Jika Anda berhasil mengendalikan tekanan darah dengan gaya hidup sehat, Anda dapat menghindari kebutuhan akan obat-obatan.


      Tekanan darah lebih rendah dari 120 per 80 mm Hg dianggap normal. Tekanan darah 130 per 80 mm Hg atau lebih dianggap tinggi. Jika angka Anda di atas normal tetapi di bawah 130 per 80 mm Hg, Anda termasuk dalam kategori tekanan darah tinggi. Ini berarti Anda berisiko terkena tekanan darah tinggi.


     Berikut adalah cara mengobati tekanan darah tinggi tanpa menggunakan obat dan menggunakan bahan alami :



1. Kurangi Berat Badan


      Cara menurunkan darah tinggi yang pertama dengan menurunkan kelebihan berat badan Anda. Tekanan darah sering meningkat seiring dengan kenaikan berat badan.


       Kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan gangguan pernapasan saat Anda tidur (sleep apnea), yang selanjutnya meningkatkan tekanan darah.


      Penurunan berat badan adalah salah satu perubahan gaya hidup yang paling efektif untuk mengendalikan tekanan darah. Secara umum, Anda dapat mengurangi tekanan darah sekitar 1 milimeter air raksa (mm Hg) dengan setiap kilogram (sekitar 2,2 pon) berat badan yang hilang.


       Selain menurunkan berat badan, Anda juga harus memperhatikan ukuran pinggang. Membawa terlalu banyak beban di pinggang bisa membuat Anda berisiko lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi.


2. Olahraga Teratur


      Cara menurunkan darah tinggi yang kedua dengan berolahraga secara teratur. Aktivitas fisik yang teratur - seperti 150 menit seminggu, atau sekitar 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu - dapat menurunkan tekanan darah sekitar 5 hingga 8 mm Hg. Penting untuk melakukannya secara konsisten karena jika Anda berhenti berolahraga, tekanan darah bisa naik lagi.


       Jika tekanan darah meningkat, olahraga dapat membantu Anda terhindar dari hipertensi. Jika Anda sudah memiliki hipertensi, aktivitas fisik secara teratur dapat menurunkan tekanan darah ke tingkat yang lebih aman. 


        Beberapa contoh latihan aerobik yang dapat Anda coba untuk menurunkan tekanan darah termasuk berjalan, joging, bersepeda, berenang atau menari.



3. Konsumsi Makanan Sehat


       Cara menurunkan berat badan yang ketiga dengan mengonsumsi makanan sehat. Mengonsumsi makanan kaya akan biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan produk susu rendah lemak serta kekurangan lemak jenuh dan kolesterol dapat menurunkan tekanan darah hingga 11 mm Hg jika Anda memiliki tekanan darah tinggi. Rencana makan ini dikenal sebagai diet Dietary to Stop Hypertension (DASH).


4. Kurangi Natrium


      Cara menurunkan darah tinggi yang keempat dengan mengurangi asupan natrium dalam makanan Anda. Sedikit pengurangan natrium dalam makanan dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi tekanan darah sekitar 5 hingga 6 mm Hg jika Anda memiliki tekanan darah tinggi.


      Efek asupan natrium pada tekanan darah bervariasi di antara kelompok orang. Secara umum, batasi natrium hingga 2.300 miligram (mg) sehari atau kurang. 


       Namun, asupan natrium yang lebih rendah - 1.500 mg sehari atau kurang - sangat ideal untuk kebanyakan orang dewasa.


5. Batasi Konsumsi Alkohol


       Cara menurunkan darah tinggi yang kelima dengan membatasi jumlah minuman beralkohol yang Anda konsumsi. Alkohol dapat berdampak baik dan buruk bagi kesehatan. 


      Dengan meminum alkohol hanya dalam jumlah sedang - umumnya satu gelas sehari untuk wanita, atau dua gelas sehari untuk pria - dapat berpotensi menurunkan tekanan darah sekitar 4 mm Hg. Satu minuman sama dengan 12 ons bir, lima ons anggur atau 1,5 ons minuman keras tahan-bukti.


        Tetapi efek perlindungan itu hilang jika Anda minum terlalu banyak alkohol. Minum alkohol dalam jumlah sedang dapat meningkatkan tekanan darah hingga beberapa poin. Ini juga dapat mengurangi efektivitas obat tekanan darah.


6. Berhenti Merokok


       Cara menurunkan darah tinggi yang keenam dengan berhenti merokok. Setiap rokok yang dihisap meningkatkan tekanan darah selama beberapa menit setelah Anda selesai. Berhenti merokok membantu tekanan darah kembali normal. 


     Berhenti merokok dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Orang yang berhenti merokok berpotensi hidup lebih lama daripada orang yang terus menerus merokok


7. Kurangi Kafein


       Cara menurunkan darah tinggi yang ketujuh dengan mengurangi asupan kafein. Peran kafein dalam tekanan darah masih diperdebatkan. Kafein dapat meningkatkan tekanan darah hingga 10 mm Hg pada orang yang jarang mengonsumsinya. 


      Tetapi orang-orang yang minum kopi secara teratur mungkin mengalami sedikit atau tidak ada efek pada tekanan darah mereka.


       Meskipun efek jangka panjang dari kafein pada tekanan darah tidak jelas, kemungkinan tetap dapat membuat tekanan darah sedikit meningkat. 


      Untuk melihat apakah kafein meningkatkan tekanan darah Anda, periksa tekanan darah dalam waktu 30 menit setelah minum minuman berkafein. Jika tekanan darah Anda meningkat 5 hingga 10 mm Hg, Anda mungkin peka terhadap efek peningkatan tekanan darah dari kafein.


8. Kurangi Stres


       Cara menurunkan darah tinggi yang kedelapan dengan mengurangi jumlah stres yang Anda rasakan. Stres kronis dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Stres sesekali juga dapat berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi jika Anda bereaksi terhadap stres dengan makan makanan yang tidak sehat, minum alkohol atau merokok.


       Luangkan waktu untuk memikirkan apa yang menyebabkan Anda merasa stres, seperti pekerjaan, keluarga, keuangan, atau penyakit. Setelah Anda tahu apa yang menyebabkan stres, pertimbangkan untuk menghilangkan atau menguranginya.


       Nah, tadi adalah penjelasan mengenai cara mengatasi tekanan darah tinggi menggunakan bahan alami.

Post a Comment for " Cara mengobati penyakit tekanan darah tinggi dengan bahan alami"