Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat pare untuk kesehatan tubuh


      pare merupakan salah satu sayuran yang sering dihindari sebagian besar orang karena rasanya yang pahit. Padahal pare memiliki manfaat yang beragam bagi tubuh, termasuk manfaat kecantikan.

        Pare adalah salah satu tumbuhan merambat yang mudah ditemukan di negara tropis seperti Indonesia. Meski cukup melimpah, sayuran satu ini tidak begitu diminati karena rasa pahit yang terkandung di dalamnya.

        Pare merupakan sumber vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K yang baik. Di dalamnya juga terkandung mineral penting seperti magnesium, mangan, potassium, dan sang.

         Setiap 100 gram pare pahit mengandung 17 kkal energi, 3,7 gram karbohidrat, 2,8 gram serat, 18% folat, dan 140% vitamin C.

      Kandungan fitonutrien dan polipeptida-P pada pare pahit berfungsi sebagai insulin yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

       Asupan 72 mcg folat pada pare pahit sangat baik bagi ibu hamil, karena dapat membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi.

      Manfaat pare pahit sangat baik bagi pencernaan, karena dapat merangsang gerakan peristaltik untuk mengurangi gangguan pencernaan dan sembelit. Anda juga bisa dapatkan obat gangguan pencernaan.

      Menggosokkan sepotong pare pahit atau mengoleskan jus pare dapat membantu mengobati kulit kepala kering, rambut rontok, rambut berminyak, hingga mencegah rambut beruban.

      Kandungan vitamin C pada pare pahit bertindak sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, mencegah keriput, hingga memperlambat proses penuaan pada kulit.

       Jika Anda mendengar nama pare pahit, pasti yang ada dalam pikiran anda adalah rasanya yang pahit dan tidak enak untuk dimakan.

      Sebagian besar orang enggan untuk memakan pare pahit dikarenakan rasanya. Namun, ternyata ada banyak manfaat pare pahit yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

      Oleh karena itu, pare pahit memiliki beberapa sebutan di tiap daerah. 


      Di daerah Jawa Barat buah pare disebut dengan nama Paria, sedangkan di daerah Sumatera disebut pepare, dan di Eropa buah ini disebut dengan nama Bitter Mellon.

     Bentuk buah pare juga sangat mudah untuk dikenali. Buah ini memiliki permukaan kulit yang bebiku-biku dan berwana hijau gelap atau terang, tergantung tempat tumbuhnya tanaman tersebut.

       Buah pahit ini, sebenarnya memiliki banyak khasiat yang manis bagi kesehatan Anda.

      Tes laboraturium awal menunjukkan bahwa senyawa fitokimia tertentu yang terkandung dalam buah pare, mungkin efektif dalam pengobatan infeksi HIV.

      Banyaknya manfaat pare pahit tidak terlepas dari kandungan zat-zat nutrisi yang ada di dalamnya. Dalam 100 gram pare pahit mengandung gizi dan nutrisi yang tertera pada tabel berikut.

       Berdasarkan zat-zat yang terkandung, bukti-bukti ilmiah, dan juga pengalaman penggunaan secara turun-temurun, maka dapat dirumuskan khasiat pare pahit bagi kesehatan tubuh sebagai berikut:


1. Mengobati gangguan pernapasan.


     Pare pahit yang segar merupakan obat yang sangat baik untuk masalah gangguan pada pernafasan, seperti asma, batuk, pilek, dan sebagainya.

2. Membantu menurunkan berat badan.



       Pare dapat membantu menurunkan berat badan. Selain memiliki kalori yang rendah, pare memiliki serat yang membantu Anda tetap merasa kenyang lebih lama.

     Sebuah penelitian mendapati bahwa pare mampu meningkatkan pembakaran lemak dan mengurangi kadar lemak di perut.

     Akan tetapi, riset lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui manfaat pare dalam pembakaran lemak.

3. Menurunkan kadar gula darah


     Manfaat pare dalam menurunkan kadar gula darah membuatnya sudah lama digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi diabetes.

      Pare berfungsi dengan menstimulasi produksi insulin dan meningkatkan proses dicernanya gula dalam tubuh.

      Selain itu, pare juga mampu menurunkan kadar fruktosamin dalam tubuh yang dapat membantu Anda untuk mengatur kadar gula darah dalam jangka waktu yang panjang.

4. Mengurangi kolesterol


     Manfaat pare yang satu ini masih membutuhkan riset lanjutan.
 
    Namun, menurut beberapa riset awal di tikus, pare ditemukan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan trigliserida.

     Menurunkan kolesterol dapat mengurangi risiko Anda mengalami penyumbatan di pembuluh darah dan terkena penyakit jantung. Tidak ada salahnya dicoba kan?

5. Berpotensi mengatasi kanker


     Manfaat pare untuk mengatasi kanker masih membutuhkan studi lebih lanjut, tetapi pare diyakini ampuh membunuh sel kanker di usus besar, nasofaring, perut, dan paru-paru.

       Pare juga dipercaya mampu menghambat penyebaran dan pertumbuhan sel kanker payudara.

EFEK SAMPING PARE


      Tentunya, mengonsumsi suatu makanan secara berlebihan bisa mengundang efek yang tidak diinginkan.
      
        Anda bisa menikmati manfaat sayur pare secara aman jika mengonsumsinya dalam porsi yang secukupnya.

      Mengonsumsi pare secara berlebih dapat menimbulkan efek samping, seperti pusing, muntah, sakit kepala, sakit perut, kembung, rasa tidak nyaman di perut, dan muntah.

      Sayur labu ini juga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil dan bayi di bawah tiga bulan.

      Kemudian, bagi Anda yang sedang mengonsumsi obat penurun gula darah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi pare.
     Ini karena adanya efek penurunan kadar gula darah ketika makan sayur ini.

        Nah, tadi adalah penjelasan seputar manfaat pare untuk kesehatan, selamat mencoba!

Post a Comment for "Manfaat pare untuk kesehatan tubuh"