Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan tubuh


      Sudah menjadi rahasia umum jika buah-buahan memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Mulai dari mengobati penyakit sampai memutihkan kulit.

     Salah satu buah yang memiliki banyak manfaat adalah manggis. Sudah tidak diragukan lagi bahwa buah manggis memiliki banyak khasiat.

      Sudah banyak produk kesehatan yang menggunakan buah manggis sebagai bahan utama. Tidak hanya dari buahnya saja, ekstrak dan kulit buah manggis memiliki banyak manfaat.
Kamu bisa mendapatkan berbagai macam manfaat baik dari semua bagian buah manggis. 

BERIKUT ADALAH MANFAAT BUAH MANGGIS :

1. Mengontrol gula darah


     Manfaat manggis pertama dari kulitnya yaitu dapat mengontrol gula darah. Kulit manggis memiliki kalori yang sangat sedikit. Ini membuat kulit manggis sangat aman bagi penderita diabetes.

    Kulit manggis juga mengandung serat yang membantu menjaga gula darah dalam tingkat normal, dengan mengikat gula berlebihan di usus dan mencegahnya diserap ke dalam darah.

2. Mencegah kanker


       Mencegah kanker juga merupakan salah satu dari manfaat manggis. Kulit manggis sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang rentan terhadap kanker, atau mereka yang sudah memiliki kanker.

     Tingginya antioksidan dalam kulit manggis sangat penting untuk melawan radikal bebas penyebab kanker. Apalagi xanthone, antioksidan yang terkandung dalam kulit manggis, dapat mencegah proliferasi sel kanker. Ini akan sangat membantu proses penyembuhan kanker.

3. Membuang racun dalam tubuh


      Manfaat manggis pada kulitnya juga bisa membuang racun dalam tubuh. Antioksidan dalam kulit manggis dapat mengikat racun dan senyawa kimia yang masuk ke dalam tubuh dari polusi udara, rokok, makanan yang terkontaminasi dan radiasi.

       Zat berbahaya ini nantinya akan dihilangkan dari tubuh dengan air seni. Jika zat-zat itu masuk ke usus, antioksidan di kulit manggis akan melindungi lapisan lendir usus sehingga lapisan lendir tidak akan bersentuhan langsung dengan racun. Proses ini juga bisa mencegah pembentukan kanker usus besar.

4. Melawan alergi


       Manfaat manggis yang pertama yaitu dapat melawan alergi. Ekstrak buah manggis mampu menghambat histamin atau penyebab tubuh gatal-gatal saat alergi dan penyebab tubuh terserang radang saat alergi yang disebut juga dengan sintesis prostaglandin

5. Mencegah TBC


     Manfaat manggis juga bisa mencegah penyakit TBC atau tuberculosis. Kandungan alfa mangosteen serta beta mangosteen dalam buah manggis dapat memperlambat jalan mycobacterium tuberculosis yang merupakan bakteri penyebab TBC. Dengan manfaat manggis, maka konsentrasi bakteri penyebab TBC tersebut akan mengalami penurunan.

6. Melawan peradangan


     Dapat melawan peradangan juga merupakan salah satu dari banyaknya manfaat manggis yang bisa kamu dapatkan. Kandungan alfa mangosteen dan juga beta mangosteen di dalam manggis memiliki kemampuan dalam menghambat produksi nitrit oksida, suatu gas yang bisa memperburuk kondisi peradangan yang kamu alami.

7. Menurunkan berat badan


      Salah satu manfaat manggis untuk kamu yang sedang program diet yaitu dapat menurunkan berat badan. Memasukkan buah manggis dalam menu diet akan efektif dalam penurunan berat badan.

     Berbagai nutrisi yang ditemukan dalam buah manggis ini juga bisa memastikan kesehatan membaik. Manggis membantu dalam pencegahan penambahan berat badan, dengan membakar lemak.

8. Membuat kulit sehat


     Antioksidan tinggi pada kulit manggis sangat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Antioksidan menghilangkan sel-sel mati dan mendorong proses regenerasi sel-sel baru.

     Vitamin C dalam kulit manggis dapat mencerahkan kulit kusam dan berminyak. Selain itu, vitamin C mempromosikan pembentukan kolagen, yang dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap kencang dan awet muda.

     Kulit manggis juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi jerawat dan jerawat yang meradang, dan mencegah pembentukan jerawat baru. Kulit manggis memiliki agen anti-mikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

9. Menjaga kesehatan tulang dan mata


    Manfaat manggis berikutnya yaitu dapat menjaga kesehatan tulang dan mata. Ekstrak kulit manggis mengandung kalsium yang baik untuk tulang dan dapat mencegah osteoporosis.

     Selain itu, ekstrak kulit manggis juga mengandung vitamin A, yang sangat baik untuk kesehatan penglihatan. Vitamin A dapat melindungi retina dan mempertajam penglihatan, dan mencegah xerophtalmia (kurangnya penglihatan dalam cahaya redup/gelap).

10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


     Ekstrak kulit manggis mengandung vitamin C yang memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin C mengaktifkan sistem kekebalan tubuh kapan saja tubuh bertemu dengan agen infeksi, sehingga seseorang tidak akan mudah sakit. 

     Maka dari itu, salah satu dari manfaat manggis yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

     Nah, tadi adalah penjelasan mengenai beberapa manfaat kulit manggis untuk kesehatan tubuh, selamat mencoba!

Post a Comment for "Manfaat kulit manggis untuk kesehatan tubuh"