Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat dan efek samping jahe untuk kesehatan tubuh


      Jahe adalah salah satu tanaman herbal yang biasanya digunakan sebagai bumbu masak. 

  
       Namun, jahe bukan hanya bermanfaat sebagai penyedap masakan, karena juga bisa digunakan sebagai obat-obatan.

      Jahe memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Tanaman ini mampu menghangatkan tubuh dan sangat baik untuk dikonsumsi secara teratur.

      Jahe adalah salah satu tanaman yang populer di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, kemudian menyebar ke berbagai belahan dunia.

      Berkat aromanya yang khas, jahe dijadikan bahan masakan sekaligus pengobatan alternatif di China, India, hingga Timur Tengah.

      Sebaiknya Anda membuat ramuan jahe sendiri ketimbang membelinya di pasar. Biasanya jahe di pasaran tak lagi murni dan segar lantaran telah tercampur dengan bahan lainnya, termasuk gula.

      Jahe untuk memasak dan obat sedikit berbeda. Biasanya yang dijadikan obat adalah jahe merah segar bukan yang biasa. Meski berbeda, segala jenis jahe pada dasarnya memiliki manfaat yang sama.

      Mengolahnya sebagai bumbu masak ataupun obat-obatan alami, Anda tetap bisa memetik manfaat jahe bagi kesehatan tubuh.

MANFAAT JAHE UNTUK KESEHATAN TUBUH SEBAGAI BERIKUT :


1. Meredakan Nyeri dan Sakit Badan


     Tanaman jahe memiliki kandungan gingerol dan fenol, yaitu senyawa kimia yang bersifat antinyeri sehingga dapat meredakan rasa sakit atau linu pada badan.

     Selain itu, kedua senyawa tersebut juga dapat meredakan rasa perih pada lambung berkat iritasi dan pegal linu saat nyeri haid.

      Sebuah penelitian yang dikaji oleh Brown University menyatakan bahwa 60 orang dewasa merasa lebih baik setelah meminum rebusan air jahe, dibandingkan dengan obat pereda rasa sakit seperti ibuprofen atau aspirin.

2. Mengobati Rematik dan Osteoarthritis


     Manfaat air rebusan jahe berikutnya adalah untuk mengobati penyakit rematik dan osteoarthritis.

     Dengan meminum air jahe secara rutin, kandungannya dapat mengurangi dan mencegah peradangan otot juga tulang yang disebabkan oleh nyeri sendi osteoarthritis.

     Kandungan tersebut akan menurunkan zat alami yang memicu peradangan dalam tubuh sehingga badan terasa lebih segar dan bugar.

3. Mengobati Mual-Mual



     Memanfaatkan air rebusan jahe sebagai penghilang rasa mual sudah di praktekkan semenjak dahulu.

    Ilmu ini sering di praktekkan rakyat Tiongkok zaman dahulu untuk menyembuhkan para raja yang sedang sakit.

     Kini, selain sebagai penghilang rasa mual, para peneliti menggunakan kandungan yang sama untuk merawat pasien post operasi.

     Karena selain dapat menghilangkan rasa pusing dan mual-mual, air jahe juga dapat menenangkan saraf-saraf tegang entah itu pada perut, leher belakang, atau punggung.

4. Menangkal Virus Corona


      Riset membuktikan bahwa manfaat jahe merah untuk kesehatan.

     Khasiatnya dapat mengatasi pengerasan pembuluh darah, dan dapat merangsang pengeluaran getah lambung juga getah empedu.

    Selain itu, jahe juga memiliki sifat anti muntah, antiperadangan, antimikroba, dan anti rematik.

     Keempat sifat tersebut berlaku penting dalam menangkal dan mengobati virus jahat yang menjalar di dalam tubuh, termasuk COVID-19.

     Virus Corona memiliki efek samping demam, batuk-batuk, pilek, sampai sesak nafas, gejala yang dapat diatasi dengan jahe!

5. Memerangi Penyakit Kronis


Jahe kaya akan antioksidan tinggi yang dapat melindungi kamu dari efek buruk radikal bebas.

    Efek tersebut merupakan faktor utama yang menyumbang pada parahnya sebuah penyakit seperti tumor, penyakit jantung, kanker, dan gagal ginjal.

    Maka itu, lindungi tubuh kamu dengan manfaat jahe sebagai obat ini sehingga kamu dapat terbebas dari radikal bebas yang dapat kamu dapatkan dari paparan sinar matahari, rokok, polusi udara, radiasi, ozon, bahan kimia industri, dan masih banyak lagi

    selain manfaat jahe juga memiliki efek samping yang harus di waspadai, berikut adalah efek samping mengkonsumsi jahe bagi :

EFEK SAMPING


    Anda tak boleh terlena dengan segudang manfaat jahe. Kendati memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh, tanaman herbal ini juga dapat memicu sejumlah efek samping apabila dikonsumsi berlebihan.

    Berdasarkan penelitian herbalist, mengonsumsi jahe lebih dari 4 gram dalam satu hari dapat menyebabkan mulas, kembung, mual, atau gangguan perut. Tak hanya itu, jahe juga akan memberikan dampak buruk sebagai berikut :

1. Risiko Pendarahan


    Jahe memang dapat mencegah pembekuan darah dan meningkatkan sirkulasi darah.

     Namun hal ini dapat meningkatkan risiko pendarahan, terutama bagi seseorang yang memiliki kelainan darah atau tengah menjalani pengobatan memperlambat pembekuan darah.

2. Penderita Batu Empedu


     Jahe dapat merangsang produksi empedu. Tumbuhan herbal ini tidak dianjurkan untuk pasien penderita batu empedu.

3. Hindari Konsumsi Jahe Sebelum Operasi


    Sebuah penelitian pada 2007 menemukan bahwa apabila seseorang mengonsumsi jahe sebelum operasi, maka akan meningkatkan risiko pendarahan internal.

     Para pakar kesehatan atau dokter selalu menyarankan pasiennya agar tidak mengonsumsi jahe dua minggu sebelum operasi.

4. BAHAYA IBU HAMIL


     Sejumlah penelitian menyatakan jahe dapat menurunkan penyerapan zat besi dan vitamin yang larut dalam lemak pada perempuan hamil. Kemudian, jahe akan menyebabkan kontraksi uterus.

     Apabila Anda tengah mengandung dan ngidam meminum jahe, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Karena dikhawatirkan bisa mengalami pendarahan.

    Nah, tadi adalah penjelasan mengenai manfaat jahe dan efek samping menggunakan jahe bagi penderita tertentu, selamat mencoba!Manfaat dan efek samping jahe untuk kesehatan tubuh.

Post a Comment for " Manfaat dan efek samping jahe untuk kesehatan tubuh"