Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh



     Buah yang termasuk tanaman tropis ini tingginya bisa mencapai 150 sampai 200 meter dengan karakteristik fisik memiliki daun yang berjarum tajam dan kulit buatnya kasar.

      Nanas pertama kali ditemukan oleh penduduk Paraguay di Amerika Selatan yang kemudian dibawa oleh Spanyol saat Columbus menemukan benua Amerika Selatan. 


     Di Eropa sendiri nanas menjadi populer karena banyak digunakan untuk melindungi diri dari penyakit scurvy yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C.

     Buah yang memiliki nama lain Ananas Comosus dan termasuk ke dalam famili Bromeliaceae ini memiliki beragam manfaat kesehatan dan sering menjadi obat-obatan alami.

      Mulai dari memperbaiki pencernaan, menyehatkan saluran pernapasan, membantu program diet, sampai menguatkan tulang.

       Buah nanas segar merupakan sumber vitamin dan antioksidan yang lengkap. Dalam 100 gram nanas terkandung 80% vitamin C yang dibutuhkan untuk membentuk kolagen di dalam tubuh.  

       Kolagen ini adalah salah satu protein utama di dalam tubuh yang dibutuhkan untuk menjaga pembuluh darah, organ, tulang, dan jaringan kulit.

     Vitamin A dan C dari nanas juga merupakan sumber antioksidan yang bagus untuk tubuh untuk melawan partikel-partikel jahat penyebab kanker.

      Kandungan nutrisi lainnya pada nanas adalah kalsium, fosfor, zat besi, kalium, magnesium, mangan, serat, thiamin, natrium, dan gula buah (sukrosa).

    Untuk membantu program diet, nanas juga sangat rendah kalori. Dalam satu buah nanas segar hanya terkandung 82 kalori saja.

      Manfaat nanas untuk tubuh manusia sangatlah beragam.

       Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh sampai meningkatkan kemampuan tubuh untuk melakukan proses penyembuhan dengan lebih baik.

      Beragam penelitian juga telah membuktikan bahwa nanas juga bersifat anti-iflamasi (peradangan).

      Berikut ini adalah manfaat-manfaat nanas yang bisa dirasakan manusia saat rajin mengonsumsinya.


1. Kaya akan enzim dan serat yang bagus untuk pencernaan


    Nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang bagus untuk pencernaan.

      Enzim ini merupakan campuran dari enzim proteolitik yang bisa membantu usus untuk menyerap sekaligus memecah protein lebih banyak.

     Selain itu, nanas juga kaya akan serat sehingga vitamin dan mineral di dalamnya mudah dicerna oleh tubuh.

2. Mencegah sakit akibat perut kembung


     Sakit akibat perut kembung biasanya disebabkan oleh tekanan gas yang cukup kuat di dalam lambung.

     Kondisi ini dapat diredakan dengan mengonsumsi nanas yang bisa meredakan munculnya gas berlebih atau refluks.

     Kandungan bromelain dan fiber dari nanas bisa berfungsi menenangkan sistem pencernaan di dalam lambung.

3. Mencegah kanker usus


     Masih dari urusan pencernaan, kandungan antioksidan dan vitamin C pada nanas mampu melawan pembentukan sel-sel kanker di dalam tubuh, khusus usus.

      Selain itu, buah nanas juga kaya akan kandungan antioksidan lainnya seperti vitamin A, beta karoten, dan senyawa-senyawa flavoniid lainnya yang bisa menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan pertumbuhan sel kanker.

4. Meningkatkan imunitas


     Perlu kamu ketahui, satu buah nanas segar mengandung lebih dari 130% kebutuhan tubuh akan vitamin C setiap hari.

     Vitamin C ini dapat meningkatkan sistem imunitas dengan merangsang pertumbuhan sel darah putih sekaligus berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

5. Memproduksi kolagen


    Vitamin C di dalam nanas tak hanya berguna untuk meningkatkan imunitas saja.

   Salah satu peran penting vitamin C adalah memproduksi kolagen yang merupakan basis protein penting dari dinding kulit, organ tubuh, tulang, dan pembuluh darah.

6. Mengobati radang sendi


    Enzim bromelain pada nanas juga berperan dalam proses pemecahan protein kompleks dan memiliki efek anti iflamasi.

     Efek ini bisa meredakan peradangan pada sendi yang disebabkan oleh gejala atritis seperti pembengkakan, kekakuan, dan segala macam bentuk peradangan sendi lainnya.

7. Menjaga kesehatan jantung


    Nanas memiliki dua kandungan penting yang berperan menjaga kesehatan jantung.

   Kandungan air yang tidak seimbang akibat sodium atau garam yang berlebihan bisa mengakibatkan hipertensi sebagai penyebab utama serangan jantung.

     Zat potasium yang terdapat pada nanas berperan untuk menyeimbangkan kandungan sodium di dalam air tubuh sehingga bisa mengurangi gejala hipertensi.

    Kandungan kedua adalah vitamin C yang bisa mencegah terjadinya gangguan pada pembuluh darah, misalnya penebalan atau penyumbatan pembuluh darah akibat kolesterol jahat yang berlebih di dalam tubuh.

8. Merawat kulit agar tampak lebih muda


    Apa hubungannya buah nanas dengan kulit yang tampak lebih muda? Perlu kamu ketahui, kulit membutuhkan sintesis kolagen agar lebih kencang dan fleksibel.

     Konsumsi vitamin C dan asam amino yang mencukupi bisa membantu merawat sel dan jaringan kulit yang rusak.

    Kamu juga bisa coba mengoleskan jus nanas segar di sekitar area wajah dan bilas dengan air hangat setelah 10 menit. Efek instannya akan segara terasa.

    Nah, tadi adalah penjelasan mengenai manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh, selamat mencoba!

Post a Comment for "Manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh"