Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengobati sariawan dengan bahan alami


      Sariawan adalah luka kecil, dangkal, dan terasa nyeri yang muncul pada jaringan lunak dalam mulut, pada dasar gusi, bawah lidah, atau sepanjang sisi rongga mulut. 

      Bentuk sariawan biasanya bulat dan berwarna putih dengan lingkaran kemerahan di sekitar area sariawan tersebut. Tak hanya membuat kita susah makan tetapi sariawan juga menimbulkan nyeri saat berbicara.

      Tak heran berbagai cara dilakukan untuk mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih dilakukan oleh orang yang menderita sakit ini.

      Sariawan sering disebut juga dengan aphthous ulcer, aphthous stomatitis, canker sores, atau mouth ulcer. Sariawan bisa muncul hanya satu atau beberapa buah sekaligus, namun sariawan tidak menular.

       Sariawan merupakan penyakit kelainan mulut yang paling sering ditemukan. Sekitar 10% dari populasi menderita dari penyakit ini, dan wanita lebih mudah terserang dari pada pria.

      Penyebab sariawan yang paling umum adalah daya tahan tubuh melemah, kekurangan vitamin B12 dan/atau asam folat, serta infeksi bakteri atau virus tertentu. Kadang, perubahan hormon tubuh seperti saat menstruasi atau hamil juga bisa menyebabkan sariawan muncul.

      Meski mereka dapat hilang sendiri setelah beberapa hari, ada baiknya menerapkan  cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih untuk mempercepat proses pemulihan dan mencegah infeksi.

     Selain itu cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih tanpa obat ternyata tidaklah sesulit yang dibayangkan lho.

      Bahkan kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah sebagai cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih.

Berikut adalah cara mengobati sariawan dengan bahan alami :


1. MADU


     Madu adalah salah satu obat sariawan yang manjur. Bahkan madu merupakan cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih. Madu memiliki sifat anti radang dan anti bakteri yang bisa membantu mengurangi rasa perih dan mempercepat proses pemulihan.

     Selain itu, madu dapat mempertahankan kelembapan bibir.

    Cara menggunakan madu sangat mudah, kalian cukup mengoleskannya pada bagian yang terdapat sariawan. Lakukan hal ini secara rutin agar sariawan cepat sembuh.

2. Pisang


     Buah pisang mengandung vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh. cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih adalah dengan mengonsumsi pisang.

     Rupanya buah berwarna kuning ini dapat membantu menyembuhkan sariawan, lho. Lebih efektif lagi jika kalian mencampurkannya dengan madu.

    Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih dengan pisang, adalah  haluskan pisang hingga menjadi seperti pasta. Lalu tambahkan madu dan aduk sampai rata. Oleskan campuran tersebut pada sariawan dan diamkan selama sekitar 10 menit.

    Setelah selesai kumur hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk hasil yang optimal.

3. Lidah Buaya


    Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya mengandung anti bakteri yang ampuh menyingkirkan sariawan.

    Kandungan tersebut dapat menyejukkan kulit, penghilang nyeri, mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan.

     Caranya, cukup siapkan daun lidah buaya asli. Cuci hingga bersih kemudian oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya langsung pada area luka sariawan. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

4. Kelapa


     Kelapa dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari batang, daun, buah, serabut dan lainnya. Berbagai produksi kelapa pun seperti minyak dan santannya dianggap mampu menyembuhkan sariawan.

     Kelapa juga mampu menyejukkan suhu tubuh yang pada beberapa kasus menjadi penyebab timbulnya sariawan.

     Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih dengan kelapa adalah dengan berkumur dengan air kelapa atau meminumnya.
  
      Untuk menggunakan minyak kelapa, kamu juga bisa berkumur atau cukup dioleskan saja. Sedangkan santannya, bisa dicampur dengan madu, lalu oleskan ke sariawan. Lakukan hal tersebut secara rutin, kira-kira 3-4 kali sehari.

5. Air Garam


     Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih lainnya adalah dengan memanfaatkan air garam. Garam memiliki sifat anti radang dan anti bakteri untuk mencegah sariawan berkembang lebih parah.

      Garam juga dapat menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi jamur sariawan yang tinggal di dalam mulut. Jadi bumbu dapur ini bermanfaat untuk mencegah infeksi di mulut.

     Penggunaannya pun mudah, cukup campurkan setengah sendok teh garam ke satu gelas air hangat. Aduk rata kemudian gunakan air campuran tersebut untuk berkumur. Lalu bilas dengan minum air putih. Lakukan pengobatan ini sampai sariawan terlihat mengempis

6. ES batu


     Ketika sariawan membengkak pasti akan terasa sangat menyakitkan. Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih selanjutnya adalah dengan menggunakan es batu. Es batu dapat membantu luka cepat kempis dan sembuh. Rasa sejuknya dapat membantu meringankan rasa nyeri luka sariawan.

     Kamu cukup mengompreskan es batu langsung pada luka sariawan. Atau kulum es batu dan tempelkan ke area yang terasa nyeri hingga mencair sepenuhnya.

7. Susu


     Kalsium yang terdapat dalam susu dapat melawan bakteri yang menyebabkan luka. Kandungan lemaknya juga merupakan anti virus yang dapat mempercepat proses penyembuhan.

     Tak heran susu dapat digunakan sebagai cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih. Selain itu, susu juga mengandung magnesium yang bisa menyembuhkan rasa sakit karena sariawan.

8. Kunyit


     Akar pada kunyit mengandung zat aktif yang dikenal sebagai kurkumin, selain warnanya khas, kunyit juga memiliki khasiat antiinflamasi dan antibiotik. Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih adalah dengan  mengoleskan kunyit di atas sariawan untuk menyembuhkannya. Lakukan perawatan ini dua sampai tiga kali sehari


      Nah, di atas adalah penjelasan mengenai cara mengobati sariawan, selamat mencoba!

Post a Comment for "Cara mengobati sariawan dengan bahan alami"