Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengobati luka bakar pada kulit


      Luka bakar merupakan salah satu luka yang akan meninggalkan bekas saat sembuh.

       Cara mengobati luka bakar dan melepuh bisa dilakukan secara alami. Tapi, pengobatan ini juga bergantung dari tingkat keparahan dari luka bakar yang Anda alami. Luka bakar dan melepuh biasanya disebabkan oleh tersentuh api atau minyak panas saat memasak.

      Selain itu, bisa juga karena kebakaran, panas matahari, knalpot, serta bahan kimia berbahaya seperti air raksa. Anda perlu mendapat penanganan segera, baik tingkat keparahan I (lapisan kulit terluar), II (lapisan kulit luar dan dalam), III (seluruh dapisan kulit), maupun IV (jaringan otot dan tulang).

       Untuk pengobatan secara alami dan mudah, simak ulasan berikut :



1. Oleskan Gel Lidah Buaya


      Tumbuhan yang satu ini tentu sangat mudah untuk ditemukan di sekitar rumah Anda. Selain itu, lidah buaya memang mudah tumbuh di tanah maupun dalam pot. Selain sudah cukup populer karena manfaatnya untuk perawatan kulit, lidah buaya juga efektif cara mengobati luka bakar dan melepuh dengan tingkat keparahan I (superfisial atau lapisan luar) dan II.

      Lidah buaya mendorong pembentukkan jaringan kulit baru dengan cepat. Selain itu, sensasi dinginnya mampu menyerap panas dan nyeri dari kulit yang melepuh.

      Cara menggunakan lidah buaya untuk mengobati bakar yaitu dengan mencuci lidah buaya, kupas, lalu ambil bagian gel-nya. Kemudian, oleskan pada luka bakar lalu biarkan sampai kering.

2. Madu Murni


      Cara mengobati luka bakar yang berikutnya yaitu dengan madu murni. Selain lidah buaya, madu juga sering dipilih wanita untuk perawatan kulitnya, termasuk luka bakar.

       Selain mempercepat penyembuhan dan meningkatkan sistem imun, madu murni mengandung antiseptik. Ya siapa sangka bukan. Namun madu memang bisa dikatakan magic.

      Oleh karena itu, perannya sangat penting dalam mengurangi risiko infeksi dan pembusukan akibat luka bakar tingkat I, II, bahkan sampai tingkat III.

      Cara penggunaannya sangat sederhana yaitu cukup dengan mengoleskan madu murni secara teratur sampai luka-luka tersebut sembuh.

       Namun, mungkin ada beberapa di antaranya yang dapat membuktikan keampuhan madu ini. Hal itu terjadi karena kebanyakan tidak menggunakan madu yang masih benar-benar murni yang tanpa tambahan pemanis maupun bahan lainnya.

     Mungkin, madu asli memang sedikit lebih sulit ditemukan.

       Namun tidak ada pengecualian jika untuk pengobatan. Jangan gunakan madu dengan tambahan pemanis. Hal ini dikarenakan, bahan tambahan lain justru bisa memperparah luka bakar dan melepuh yang Anda alami.

3. Kompres dengan Air Dingin


     Cara mengobati luka bakar berikutnya yaitu dengan air dingin, tapi hindari penggunaan esa batu secara langsung. Air dingin mampu menyerap panas saat Anda menempelkan handuk yang sudah direndam air dingin dan diperas secara bergantian.

     Ulangi kompresannya sampai luka bakar Anda benar-benar tidak sakit lagi. Kemudian, Anda bisa mengoleskan bahan alami lain seperti kulit pisang, daun teh, kentang, mentimun, maupun yang lainnya.

       Cara pengobatan yang satu ini cocok untuk Anda terapkan pada luka bakar dengan level atau tingkat keparahan II.

4. Cuka Apel


      Cara mengobati luka bakar untuk tingkat keparahan I dan II juga bisa menggunakan cuka apel. Bahan penyedap bakso dan acar ini mampu membuat luka bakar dan melepuh Anda cepat kering.

       Sebelum menggunakan cuka apel, cuci terlebih dahulu luka Anda dengan air bersih yang mengalir. Kemudian, tuang cuka apel secukupnya ke kapas lalu oleskan pada bagian kulit yang terluka.

      Lakukan berkali-kali dan terakhir, tempelkan kapasnya lalu biarkan beberapa menit sampai mengering.

5. Minyak Bunga Lavender


      Bunga berwarna ungu dengan harumnya yang khas ini sering diaplikasikan sebagai aroma terapi. Nah, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mengobati luka bakar dan melepuh dengan bunga lavender yang bisa Anda beli dengan mudah dalam bentuk minyaknya.

      Cara pengobatannya seperti yang lain, yaitu dioleskan ke bagian kulit yang terluka secara merata, lalu biarkan mengering. Anda perlu melakukannya setiap hari sampai lukanya benar-benar kering dan sembuh.

      Cara mengobati luka bakar dan melepuh dengan tingkat keparahan III dan IV umumnya perlu bantuan tim medis maupun obat-obatan kimia. Obat yang biasanya digunakan yaitu yang mengandung ibuprofen atau acetaminophen karena bisa mengurangi rasa sakitnya.

      Sedangkan tim medis melakukan operasi pengangkatan jaringan yang sudah terbakar parah.

      Nah, tadi adalah penjelasan mengenai cara mengobati luka bakar pada kulit.

Post a Comment for "Cara mengobati luka bakar pada kulit"