Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengobati diare dengan bahan alami




    Diare merupakan penyakit yang ditandai dengan buang air besar cair atau lembek. Penyakit ini umum terjadi pada anak-anak maupun dewasa. Rata-rata orang dewasa sendiri mengalami 4 kali setahun.

     Penyakit satu ini juga cukup menyusahkan karena penderitanya tidak bisa beraktivitas secara normal. Mereka akan bolak-balik ke toilet karena hasrat BAB yang datang terus menerus.

     Penderita diare juga biasanya mengalami demam, kehilangan nafsu makan, sakit kepala dan lainnya.

     Karena sangat mengganggu, diare tentunya harus segera diatasi. Tak perlu repot-repot ke dokter untuk membeli obat yang mahal.

     Banyak bahan alami yang dapat kita gunakan untuk menyembuhkan diare. Simak ulasannya di bawah ini.

1. KUNYIT DAN MADU


     Kunyit merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya adalah diare. Kunyit mengandung zat aktif kurkumin yang merupakan antioksidan kuat untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

       Cara penggunaannya beragam. Salah satu yang paling populer adalah dengan diseduh. Pertama, kupas dan bersihkan kunyit kemudian parut dan tambahkan air matang.

      Peras air kunyit, diamkan dam ambil bagian beningnya. Tambahkan madu untuk memperkaya rasa. Kalian juga bisa merebus kunyit dalam air lalu meminumnya.

2. AIR KELAPA


     Air kelapa mengandung zat elektolit yang bisa membantu menggantikan cairan tubuh serta membunuh bakteri penyebab penyakit diare.

      Air kelapa telah digunakan sejak lama untuk mengobati penyakit ini karena terbukti ampuh. Kalian cukup mengonsumsi air kelapa murni tanpa tambahan apapun.

3. TEH KENTAL PAIT


     Obat yang ampuh untuk mengobati diare selanjutnya adalah teh kental yang pahit. Teh kental mengandung tannin yang cukup tinggi sehingga dapat digunakan untuk mengobati diare. Resep ini juga sudah digunakan sejak lama, lho.

     Pembuatannya juga cukup mudah. Tinggal seduh teh dengan menggunakan air panas. Untuk menjaga kekentalannya, jangan tambahkan air terlalu banyak. Tunggu hingga beberapa menit kemudian saring atau buang kantong teh.

      Kalian bisa menambahkan madu sedikit. Hindari penggunaan pemanis gula.

4. JAHE


Jahe juga dikenal dapat mengatasi diare. Jahe memiliki sifat anti inflamasi yang dapat menenangkan perut akibat diare atau iritasi serta melancarkan pencernaan.

    Cara membuatnya juga mudah. Kalian bisa memarut jahe atau sekedar mengirisnya kemudian seduh dengan air panas. Diamkan beberapa menit lalu minum airnya. Lakukan secara rutin agar cepat merasakan manfaatnya.

5. JAMBU BIJI


      Mungkin kalian sudah tak asing dengan pemanfaatan jambu biji untuk mengobati diare. Kini sudah banyak sekali obat diare di apotek yang memanfaatkan daun jambu biji sebagai bahan dasarnya.

      Pasalnya, penelitian membuktikan bahwa tanaman ini mengandung tanin sebesar 17% baik di daun atau pun buahnya.

      Kalian bisa mengonsumsi langsung buah jambu biji atau membuatnya menjadi jus tanpap gula untuk menyembuhkan diare . Selain itu, kalian bisa merebus 3 lembar daun jambu biji muda lalu mengonsumsi airnya secara rutin.

     Nah, tadi adalah penjelasan mengenai cara mengatasi diare dengan bahan alami.

Post a Comment for "Cara mengobati diare dengan bahan alami"