Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengenali kosmetik yang aman bagi ibu hamil

     ibu hamil dan menyusui sebaiknya hati-hati dalam memilih kosmetik. 
    
       Kenapa? karena kandungan bahan kimia yang terdapat dalam produk  akan ikut terserap ke dalam kulit dan masuk ke dalam aliran darah.

      Kandungan itu secara tidak langsung juga akan ikut terbawa ke dalam air susu, atau masuk ke dalam janin yang sedang dikandung.

      Maka dari itu wanita hamil dan menyusui sebaiknya memperhatikan dengan baik produk kosmetik yang sedang digunakan.

       Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan memilih produk kosmetik yang aman untuk ibu hamil dan menyusui, yaitu Tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

     hampir setiap wanita menggunakan produk perawatan wajah, ada baiknya jika Anda memperhatikan produk perawatan wajah dengan baik.

      Terutama bahan yang terkandung di dalamnya. Pastikan bahwa kandungan bahan yang ada di dalam produk tersebut tidak mengandung bahan berbahaya seperti di bawah ini :

Accutane atau Isotretinoin

Accutane (isotretinoin)



      merupakan bentuk vitamin A digunakan untuk mengobati jerawat nodular yang parah. Termasuk efek samping Accutane, interaksi dan indikasi.  Jangan menggunakan kosmetik dengan kandungan accutane jika Anda sedang hamil ataupun menyusui.

Hidroquinon


     Bahan kimia ini merupakan bahan berbahaya yang tidak baik digunakan sebelum hamil maupun saat sedang menjalani masa kehamilan, dan juga saat menyusui, karena bahan kimia ini bisa menyebabkan kanker dan mengganggu perkembangan janin. 


     Hidroquinon biasanya terdapat pada produk pemutih dan obat penghilang bekas luka.

Retinoid (vitamin A)


    Retinoid banyak terdapat pada produk anti jerawat dan juga masker wajah. Bahan kimia ini dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan juga janin.

1,4 Dioksan / Dioxane ,

     Dioksan terbagi menjadi 4 dioxane yaitu 1,2-dioxane , 1,3-dioxane , 1,4-dioxane , merupakan bahan kimia yang banyak terdapat pada produk kosmetik pelembab. Zat kimia ini tidak aman dan bisa membahayakan Anda saat sedang menyusui.

Phthalates atau Ftalat

     Bahan kimia yang satu ini merupakan pengharum kosmetik dan juga lotion. Varian lain phthalates dapat anda lihat disini Bahan kimia ini biasa digunakan untuk proses pembuatan plastik, sehingga berbahaya jika digunakan sebagai bahan kimia untuk perawatan kulit dan wajah. 

Ciri produk kosmetik yang mengandung bahan phthalates adalah yang memiliki bau tajam. Sebaiknya dihindari saat Anda masih menyusui.

Merkuri

     Bahan kimia merkuri biasa terdapat pada sebagian produk pemutih. Ciri kosmetik yang mengandung bahan berbahaya ini adalah efek yang akan segera didapat setelah pemakaian seperti kulit berwarna kemerahan jika berada dibawah sinar matahari dan juga terkadang menimbulkan iritasi pada awal pemakaian.

Parabens

       Bahan kimia ini sering digunakan untuk mengawetkan produk-produk perawatan kulit. Penggunaan bahan parabens pada saat menyusui bisa mengakibatkan perkembangan bayi.

Benzoil Peroksida

      Bahan kimia ini juga banyak terdapat pada produk kosmetik anti jerawat. Benzoil Peroksida juga merupakan bahan kimia kosmetik yang berbahaya dan sebaiknya dihindari pada masa menyusui.

Asam salisilat (beta hidroxy acid)

      Beta hidrocy Acid adalah bahan kimia ini biasa ditemukan pada obat jerawat, anti penuaan dini, pembersih dan juga lotion. Beta hydroxy acids lain meliputi beta-Hydroxybutyric acid, beta-Hydroxy beta-methylbutyrate, Carnitine

      Penggunaan asam salisilat dengan dosis yang rendah masih aman untuk digunakan dan diperbolehkan, namun penggunaan dalam dosis yang tinggi dikhawatirkan dapat mengganggu perkembangan bayi saat Anda sedang menyusui.


Berkonsultasi pada ahli kesehatan

       Ada baiknya jika anda berkonsultasi dengan ahli kesehatan dan juga ahli kecantikan, produk kosmetik yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.

      Anda dapat meminta rekomendasi yang baik untuk produk kecantikan tersebut.

Mengandung bahan alami

      Bahan yang terkandung di dalam produk kosmetik tersebut harus mengandung bahan alami. Kandungan bahan alami tersebut tentunya tidak akan membahayakan untuk kulit, janin atau bayi yang sedang disusui.

Mempunyai sertifikat BPOM

      Produk kosmetik yang aman memiliki sertifikat aman dan mendapatkan izin dari BPOM. Hal ini juga sebaiknya diperhatikan dengan baik.

      Sebuah produk yang sudah mendapatkan sertifikat dari BPOM, berarti sudah diteliti dan dibuktikan bahwa tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Mencari tahu testimoni tentang produk tersebut

     Ada baiknya jika Anda mencari tahu berbagai macam testimoni tentang produk yang digunakan. Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk melihat berbagai macam komentar tentang produk yang digunakan tersebut, seperti melalui internet, media cetak, elektronik, dan lainnya.

     Nah, tadi adalah penjelasan mengenai cara mengenali produk kosmetik yang aman untuk ibu hamil, selamat mencoba !

Post a Comment for "Cara mengenali kosmetik yang aman bagi ibu hamil"