Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

efek menggunakan soflen mata , efek samping menggunakan soflen mata


      Tak jarang bagi orang yang mengalami kesalahan dalam pengliahatan (minus) lebih memilih untuk menggunakan softlens.
      Selain itu softlens juga bisa merubah warna bola mata menjadi lebih menarik dan dapat menunjang kecantikan yang melihatnya, padahal di balik keindahan yang diberikan softlens juga memiliki dampak yang berbahaya yang perlu dihindari.
     Softlens atau kontak mata adalah silikon atau plastik kecil berbentuk bulat dan cekung yang digunakan untuk mempertajam penglihatan.
     Softlens dapat digunakan untuk penderita rabun jauh, rabun dekat, dan astigmatisme, meski tak jarang pula orang menggunakan softlens hanya untuk kebutuhan estetika. untuk meletakkan softlens, langsung saja pada bola mata.

BERIKUT BAHAYA SOFTLENS


      Meskipun softlens dapat memberikan tampilan menarik dalam waktu yang instan, sebagian orang juga mengalami kesulitan dalam menggunakan softlens, mulai dari tidak bisa menggunakannya dengan baik dan ada pula yang tidak bisa memilih yang cocok.

Beberapa bahaya softlen sebagai berikut :



  • ‌Reaksi alergi pada softlens‌
  • Rasa gatal pada mataP
  • englihatan kabur‌
  • Rasa seperti terbakarR
  • asa perih yang menyengat‌
  • Sensivitas terhadap cahaya‌
  • Peradangan pada mataM
  • ata menjadi merahP
  • embengkakan di ikuti rasa sakit.

   
        Dalam kondisi khusus dan serius, bahayanya adalah bisa mengakibatkan kebutaan, jika tidak diobati sesegera mungkin.
       Maka dari itu disarankan untuk berhenti menggunakan softlens jika anda merasakan gejala seperti di atas atau keluarnya air mata yang berlebih, mata tidak nyaman, atau timbulnya kotoran pada mata.

Berikut trik aman menggunakan softlens yang benar :



  1. ‌Ikuti intruksi yang ada pada kemasan, karena softlens memiliki jenis yang berbeda - beda sehingga membutuhkan perawatan yang berbeda pula. untuk itu sangat perlu mengikuti petunjuk yang tertera dalam kemasan atau petunjuk dari dokter karena untuk meminimalkan efek buruknya.
  2. Menjaga kebersihan softlens juga sangat perlu dalam hal ini, karena kebersihan softlens adalah kunci utama agar tidak terjadi dampak yang buruk dalam penggunaannya, gunakan larutan pembersih khusus softlens sesuai dengan petunjuk pada kemasan atau petunjuk dokter. Hindari menggunakan softlens saat berenang, dan softlens yang sudah rusak.
  3. Hindari menggunakan softlens pada saat tidur juga sangat penting, karena banyak kasus yang lupa melepaskan softlens pada saat tidur dapat mengakibatkan kerusakan kornea mata atau kebutaan.
  4. Rajin membersihkan tempat menyimpan softlens juga perlu diperhatikan, apabila softlens tengah di pakai cucilah tempat menyimpan softlens dengan cairan softlen, dan keringkan dengan tissu kemudian diamkan sampai kering, setidaknya bersihkan dalam kurun waktu satu minggu sekali atau menggunakan tempat softlens yang baru lebih baik.


       Selain hal diatas perlu diingat bahwa menjaga kebersihan tangan juga diperlukan karena meskipun tangan terlihat bersih belum tentu tanganmu terbebas dari bakteri.

      Baiklah hal diatas adalah penjelasan tentang bagaimana bahaya menggunakan softlens apabila tidak mengikuti anjuran yang baik dan benar.

Post a Comment for "efek menggunakan soflen mata , efek samping menggunakan soflen mata"