Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sisi baik dan buruknya minum alkohol bagi kesehatan tubuh


     Walaupun selama ini alkohol tidak dapat di pungkiri dalam kehidupan remaja dan kaum milenial, dan banyak disarankan untuk dihindari, sebenarnya minuman ini juga memiliki sisi baik loh sobat!

    Jika kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit yang serius, maka mengonsumsi alkohol dalam batas normal dapat meningkatkan kadar HDL, atau kolesterol baik dalam tubuh. Hal ini dapat beresiko mengurangi terkena penyakit stroke dan jantung.

  Misalnya saja mengkonsumsi alkohol dalam jumlah sedang terbukti dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

     Untuk mengetahui info lebih lanjut apa saja manfaat dan kerugian yang mungkin akan anda dapatkan saat meminum alkohol.


Berikut penjelasannya :


SISI BAIK


   Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah ringan dapat dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan tubuh.

  Studi menunjukkan bahwa meminum alkohol khususnya wine, dapat  mengurangi resiko penyakit jantung, stroke, batu empedu, gula darah tipe 2, dan dimensia.

   Bahkan juga bisa meningkatkan sistem kekebalan metabolisme tubuh.
Alkohol terutama Anggur merah memiliki kandungan resveratrol, anti oksidan, dan bioflavonoid serta polifenol yang semuanya memiliki fungsi melebarkan arteri dan mengurangi peradangan.

     Meminum alkohol juga baik untuk diet jantung, namun jika seseorang belum pernah meminum alkohol jangan sesekali mencoba karena alasan kesehatan tubuh.

     Sebagai gantinya disarankan untuk  mengadopsi pola diet mediterania yaitu memperbanyak memakan dan meminum sayuran dan buah - buahan untuk membuat jantung sehat.

    Mengkonsumsi alkohol yang moderat bagi kaum perempuan adalah satu gelas kecil sehari, bagi kaum laki - laki dua gelas kecil sehari.
Karena manfaat dari alkohol sangat terbatas, dan itu hanya bermanfaat ketika anda meminumnya dalam jumlah yang rendah, tidak mengkonsumsi obat tertentu, serta tidak memiliki penyakit hati, pankreas serta anda tidak sedang hamil.

SISI BURUK


   Meskipun ada sedikit manfaat dalam meminum alkohol, namun lebih banyak sisi buruknya, yang dapat merugikan kesehatan tentunya.
Karena alkohol dapat meningkatkan kadar trigliserida, lemak berbahaya yang tertanam dalam darah, dan juga dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi naik.

   Beberapa orang juga rentan terhadap kondisi yang menyebabkan denyut jantung tidak teratur, ketika mereka meminum alkohol, meskipun ada pula yang tidak mengalami kondisi tersebut.

   Mengkonsumsi alkohol berlebih dapat meningkatkan berat badan yang berlebih, serta dapat merusak ginjal dan hati terutama untuk orang yang mengkonsumsi obat tertentu seperti statin untuk menurunkan kolesterol atau bahkan obat pereda nyeri.

   Selain itu, mengkonsumsi alkohol juga dapat meningkatkan resiko penyakit seperti asma, kanker dan alergi. Alkohol juga dapat menjadi masalah bagi orang yang mengkonsumsi obat untuk menurunkan gula darah seperti insulin, karena dapat menurunkan kadar gula darah tak terduga.

    Alkohol juga dapat meningkatkan terjadinya resiko kecelakaan bermotor, kekerasan terhadap orang lain dan diri sendiri, kehamilan yang tidak di inginkan, penyebaran penyakit seksual yang menular, gangguan janin dan kecanduan.

   Sehingga dalam hal ini sangat penting untuk memberitakan kepada orang - orang apa saja bahaya yang akan terjadi dalam mengkonsumsi alkohol yang berlebihan, karena manfaat dan resikonya lebih besar resikonya.

Post a Comment for "Sisi baik dan buruknya minum alkohol bagi kesehatan tubuh"