Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Penyebab dan cara mengatasi ketombe


Pengertian ketombe


   Ketombe adalah suatu kondisi dimana kulit kepala yang bersifat kronik yang ditemukan di skuama atau serpihan - serpihan kulit kepala yang berwarna putih ke abu - abuan dan ke kuning - kuningan.

Gejala ketombe


    Gejala dari ketombe sangat mudah dikenali, yaitu serpihan kulit kepala yang berwarna putih keabu - abuan dan kekuningan yang berminyak, tetapi tidak melekat erat di kulit kepala, di antara rambut, maupun di bahu, gejala umum lainnya adalah gatal, radang dan rasa kering di kulit kepala.

Penyebab dan faktor resiko ketombe

Ketombe dapat disebabkan oleh bermacam - macam hal, antara lain : 

Dermatitis seboroik


    Merupakan salah satu penyebab ketombe paling sering, penyakit ini di tandai dengan kulit yang memerah dan berminyak, dilapisi oleh serpihan kulit yang berwarna kekuningan, dermatitis seboroik juga bisa menyerang bagian tubuh lain selain kulit kepala yaitu bagian alis, belakang telinga, hidung, dada, dan selangkangan, serta daerah lain yang memiliki kelenjar minyak.

   Kurang rajin mencuci rambut
saat kulit kepala jarang dibersihkan dengan shampo, minyak dan sel kulit mati akan menumpuk, di kulit kepala yang mengakibatkan ketombe.

Malassezia sp


    Merupakan jamur yang hidup di kulit kepala, sebagai normal flora, jika ada kondisi yang menyebabkan pertumbuhan jamur ini meningkat, melebihi jumlah normal, misalnya dalam kondisi udara yang panas dan lembab, malassezia dapat menyebabkan penumpukan asam lemak tak tersaturasi sehingga terjadi peradangan yang berujung pada deskuamasi kulit kepala sehingga menyebabkan ketombe.

Kulit kering

     
  Serpihan kulit kepala yang disebabkan oleh kulit kering agak berbeda dengan yang disebabkan kulit berminyak, pada kulit kering serpihan lebih kepada serpihan kecil, dan tidak begitu berminyak, kulit kepala merah dan gejala radang lebih jarang dijumpai.

Dermatitis kontak


    Hipersensitivitas terhadap komposisi dari produk perawatan tertentu dapat menyebabkan kulit kepala meradang yang salah satunya adalah ketombe.

Kerentanan individu


     Salah satu faktor kerentanan perkembangan ketombe adalah kerentanan individu, namun belum diketahui secara pasti kenapa kerentanan ketombe dapat mempengaruhi secara pasti. 

       Diduga hal itu dapat terjadi karena perbedaan dari fungsi barrier stratum korneum, perbedaan sektor imun dari protein dan polisakarida yang berasal dari malassezia sp, dari setiap individunya.

Laki - laki


    Merupakan salah satu faktor terjadinya ketombe, beberapa studi mengaitkan bahwa laki - laki dengan angka kejadian memiliki ketombe yang paling tinggi, hal ini diduga karena faktor hormonal.

Penyakit lainnya


    Alasannya belum ditemukan namun alasan yang paling tepat adalah faktor saraf seperti parkison dengan insiden ketombe, yang lebih tinggi, begitu pula dengan orang yang mengidap HIV atau mereka dengan daya tahan tubuh yang lemah.

Diagnosis Ketombe


     Hal ini dilakukan secara kliniks karena hal ini mudah dilakukan, yang berarti pemeriksaan secara khusus untuk mendiagnosis ketombe, tidak begitu diperlukan.

Pengobatan atau Penanganan Ketombe


     ketombe biasanya dapat dikendalikan dengan mudah, pasalnya membersihkan kulit kepala dengan shampo untuk mengurangi minyak dan membersihkan sel kulit mati dapat membantu mengurangi ketombe yang sifatnya ringan. 

     Jika shampo biasa tidak bisa membantu maka gunakan shampo yang mengandung anti ketombe,  meskipun begitu banyak shampo anti ketombe yang dapat digunakan untuk mengetahui shampo apa yang cocok untuk digunakan.

     Jika muncul gejala gatal, merah, menyengat, dan rasa terbakar setelah memakai suatu produk kulit kepala, maka harus segera menghentikan pemakaiannya.

     Perhatikan pula tanda - tanda alergi seperti ruam, biduran atau sesak nafas. Jika terjadi hal tersebut segera mencari bantuan medis.

Pencegahan Ketombe


     Ketombe dapat dicegah dengan cara mengendalikan stress karena stress dapat berdampak pada kesehatan secara menyeluruh, pencegahan lain dapat dilakukan dengan keramas terutama pada kulit kepala yang berminyak.

Nah, di atas adalah penjelasan apa itu ketombe, gejalanya, dan cara mengatasi ketombe, silahkan mencoba ya sobat!

Post a Comment for "Pengertian, Penyebab dan cara mengatasi ketombe"