Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mencegah, mengatasi dan penyebab kram otot

     

   Kram otot atau otot yang mengeras kerap kali mengganggu aktivitas sehari-hari. Kram otot kerap mendadak muncul ketika berjalan, olahraga, atau saat meregangkan badan di kasur, dan sebagainya.

    Kram otot memang sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya. Namun kita bisa melakukan beberapa cara untuk mempercepat pemulihan.

    Normalnya otot itu berkontraksi secara seimbang, namun ketika kontraksi di luar kehendak muncullah spasme yang kuat dan berkelanjutan hingga terjadi kram.

    Kram otot memang bukan kondisi yang berbahaya, namun bila dibiarkan terus pasti akan mengganggu aktivitas. Apalagi bila dialami oleh remaja dan sering mengalami kram, bisa dikhawatirkan mengalami osteoporosis atau bisa sampai stroke ketika usia lanjut.

BERIKUT ADALAH PENYEBAB KRAM OTOT  :



1. DEHIDRASI


    Kekurangan cairan tubuh yang berperan penting pula dalam proses mengalirkan oksigen dalam darah, dan membersihkan tubuh melalui ginjalnya.

    Dr. Gladden mengungkapkan, jika Anda mengalami kram, penting untuk melihat terlebih dahulu apakah tubuh Anda terhidrasi dengan baik atau tidak.

     Penyebab kram karena dehidrasi, timbul dari saraf otot yang menjadi sensitif dan terjadi kontraksi di luar kehendak atau spasme tadi.

2. EFEK SAMPING OBAT


    Beberapa obat tertentu biasanya memberi efek samping kram otot. Bisa Anda konsultasikan pada dokter untuk mengganti dengan yang lebih aman.

3. SIRKULASI DARAH BURUK


     Sirkulasi darah yang tidak baik menjadi salah satu penyebab kram selanjutnya. Beberapa masalah sirkulasi bisa menyebabkan rasa sakit seperti kram. Ketika hal itu terasa semakin buruk dan sangat sakit ketika Anda berjalan, ataupun kram tersebut tidak kunjung menghilang, lebih baik kunjungi dokter ujarnya.

CARA MENCEGAH KRAM OTOT :



1. PEREGANGAN OTOT


    Cara mencegah kram otot yang selanjutnya ialah dengan memperbanyak peregangan otot. Lakukan gerakan-gerakan ringan setiap hari, seperti sebelum mandi, bangun tidur dan menjelang tidur, serta aktivitas fisik di waktu luang.

    Selain dilakukan sehari-hari, meregangkan otot menjadi penting dilakukan sebelum berolahraga. Mengutip dari Jurnal Imliah Kedokteran, bahwa pemanasan fisik berperan mencegah kram otot triceps surae pada olah raga renang.

2. MENGGUNAKAN SEPATU SESUAI UKURAN


    Cara mencegah kram yang dialami oleh kaki Anda, bisa dengan memakai sepatu yang tepat dan nyaman untuk beraktivitas. Kata dr. Gladden, Jika kram terjadi, coba lihat sepatu yang sedang dipakai, terutama jika Anda baru saja mengganti sepatu flat dengan yang berhak tinggi,"

3. PERBANYAK NUTRISI


     Keseimbangan elektrolit seperti kalsium, natrium, kalium, dan magnesium, penting untuk kontraksi dan relaksasi otot. Cara mencegah kram selanjutnya bisa dengan menambah banyak konsumsi makanan penuh nutrisi.

     Direkomendasikan untuk menambah asupan nutrisi sesuai anjuran atau sesuai kebutuhan tubuh dan mengurangi aktivitas fisik yang berat untuk mengurangi rasa sakit kram perut saat menstruasi.

    Makanan yang kaya akan sumber magnesium, seperti kacang-kacangan dapat membantu menjaga kekuatan dan kelenturan otot.

4. PERBANYAK CAIRAN TUBUH


    Cara mencegah kram otot selanjutnya, bukan hanya elektrolit dari makanan bernutrisi, namun Anda perlu menambah cairan yang cukup. Kebutuhan cairan tubuh setiap orang berbeda-beda, dikutip dari hellosehat.com bahwa secara umum tubuh kehilangan 0,4-1,8 liter air untuk setiap satu jam berolahraga.

      Sesuaikan air mineral yang diminum dengan proporsi tubuh Anda, apalagi ketika olahraga perlunya menambah cairan lebih dari biasanya.

CARA MENGATASI KRAM OTOT :


1. MENGOMPRES AIR HANGAT


    Mengompres hangat bagian yang mengalami kram akan membantu mengatasi sakitnya. suhu panas dapat membantu meredakan kram otot.

     Cara mengatasi kram bisa dengan menggunakan handuk yang dicelupkan air hangat lalu dikompres, atau merendam kaki yang sedang kram, atau menempelkan bantal pemanas pada bagian tubuh yang kram.

2. JALAN KAKI RINGAN


     Cara mengatasi kram berikutnya dengan melakukan jalan kaki ringan, karena dipercaya membantu meringankan sakitnya. Sebagian besar orang salah mengartikan jika kram, langsung duduk dan istirahat.

     Padahal jalan kaki ini akan membantu mengirimkan sinyal ke otot-otot kaki yang tegang supaya rileks sejenak. Berjalanlah pelan hingga rasa nyerinya berkurang.

3. PEREGANGAN RINGAN


       Stretching atau peregangan ringan akan membantu meredakan sensasi kram, terutama di kaki. Hentikan segala aktivitas, kemudian luruskan kaki dan tarik jari-jarinya ke arah lutut untuk meregangkan otot betis.

Selanjutnya jalanlah dengan berjinjit atau memijat kaki yang kram, pasti sakit menjadi lebih ringan. Apabila masih terasa, cobalah Anda berjalan ringan dan sesekali berjinjit.

    Nah, Itulah beberapa penyebab kram beserta cara mencegah dan mengatasinya yang patut diketahui sebagai antisipasi penolongan pada diri sendiri dan orang lain. Semoga bermanfaat, selamat mencoba !

Post a Comment for "Cara mencegah, mengatasi dan penyebab kram otot"