Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara alami mengatasi gatal pada kulit


    Alergi sangat umum menyebabkan kulit gatal-gatal. Gejala ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh salah melawan zat yang sebetulnya tidak berbahaya (alergen). Saat alergen masuk atau menyentuh Anda, tubuh akan mengeluarkan antibodi dan histamin yang terkadang menyebabkan peradangan seperti ruam dan gatal di kulit. Jika obat gatal dari dokter tidak tersedia di rumah, alternatifnya yang alami nan tradisional mungkin bisa jadi solusi Anda. 

Gatal karena alergi adalah hal yang umum dan bisa sembuh tidak lebih dari dua minggu. Namun sementara minum obat dokter, Anda bisa mempercepat penyembuhan gatal dengan menggunakan obat alami. Obat tradisional juga mungkin membantu sementara meredakan gatal pada kulit apabila obat medis tidak tersedia di rumah.

Berikut rekomendasi obat gatal alami :

1. LIDAH BUAYA

Gel dari lidah buaya bisa digunakan untuk meredakan iritasi karena kulit gatal dan melembapkan kulit. Obat gatal alami ini juga dapat mencegah iritasi berkembang menjadi infeksi.
Selain itu, lidah buaya membantu merangsang pertumbuhan sel sehingga kulit yang iritasi akan lebih cepat sembuh dan meninggalkan bekas luka samar.

Pilih lidah buaya murni untuk mendapatkan manfaat maksimalnya. Anda juga dapat menggunakan gel lidah buaya yang sudah ada di dalam kemasan.

Namun, pilih produk yang kandungan gel nya paling banyak dibanding komposisi pendukung lainnya. Pilih produk yang tanpa pewangi atau alkohol untuk menghindari iritasi atau gatal lebih lanjut.

Lidah buaya umumnya aman untuk digunakan semua orang. Namun, beberapa orang yang kulitnya sensitif disarankan untuk mengujinya terlebih dulu. Caranya oles sedikit lidah buaya ke kulit punggung tangan untuk memeriksa tanda-tanda reaksi.

Bila sampai 24 jam tidak ada tanda serius yang muncul, obat tradisional ini bisa digunakan untuk gatal alergi.

2. KOMPRES AIR DINGIN

Mengompres kulit dengan air dingin dapat meringankan rasa gatal, mengurangi pembengkakan dan juga menghambat kondisi ruam yang semakin parah.

Ini karena sensasi dingin dapat membatasi aliran darah ke daerah yang meradang. Caranya, kamu bisa mengompres kulit dengan cara membeli alat kompres yang dapat diisi dengan es atau dengan kain yang sudah dibasahi dengan air es

3. MINYAK KELAPA

Minyak kelapa memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi. Sebuah uji klinis mengungkapkan minyak kelapa yang digunakan untuk mengatasi dermatis aptik pada anak, menunjukan efek yang lebih baik dari minyak mineral biasa.

Sementara itu, penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa menggunakan minyak kelapa dapat mengurangi keparahan dermatitis dan dapat membantu penyembuhan luka pada kulit.

4. SODA KUE

Soda kue atau natrium bikarbonat adalah salah satu bahan dapur yang bisa digunakan sebagai obat alami gatal. Pasalnya soda kue dapat membuat pH kulit seimbang dan menenangkan kulit kamu.

Cara menggunakannya sama seperti dengan oatmeal. Kamu hanya perlu mencampurkan satu hingga dua cangkir baking soda ke dalam bak mandi berisi air hangat, kemudian gunakan untuk berendam jika ingin meredakan gatal pada kulit.

5. CUKA APEL

Cuka apel memiliki sifat antimikroba yang dipercaya dapat membantu mengatasi gatal, terlebih pada bagian kulit kepala. Namun penggunaan cuka apel tidak dianjurkan jika gatal pada kulit sudah menimbulkan luka atau berdarah.

Nah, tadi itu penjelasan seputar obat alami untuk mengatasi gatal pada kulit, selamat mencoba!

Post a Comment for "cara alami mengatasi gatal pada kulit"